PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING)

Sulthon Hasanuddin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan mengambil subjek Kelas IV MI Darul Ulum Kenongo Sedan Rembang sebanyak 16 orang, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pembelajaran mata pelajaran SKI pada materi peristiwa Arab sebelum Islam melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Leraning. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Adapun instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data kognitif adalah tes obejektiv, ranah afektif dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan data psikomotor dikumpulkan melalui unjuk kerja dan produk. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari pretest sebesar 56% dengan rata-rata 66,4 meningkat pada siklus I sebesar 72% dengan rata-rata 75,07, dan meningkat pada siklus II sebesar 80% dengan rata-rata 83,33. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pembelajaran mata pelajaran SKI pada materi peristiwa Arab sebelum Islam pada Kelas IV MI Darul Ulum Kenongo Sedan Rembang


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, 2011.Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdkarya

Albi anggito,dkk. 2018 Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: Jejak,.

Anita Lie,2004 Cooperative Learning, Jakarta: Grasindo, .

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni, 2010 Teori Belajar & Pembelajaran, Yogyakarta:

Ar-Ruzz Media,

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni 1984, Teori Belajar & Pembelajaran.

Conny Semiawan,1997 Perspektif Pendidikan Anak Berbakat, Jakarta: Grasindo, Indah Komsiyah,2012 Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Teras,

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Indah Komsiyah,2012 Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Teras,

M. Hanafi,2009 Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam,Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam,.

Mastur faizi, 2013 .Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid, Jogjakarta:DIVA press,.

Nana Sudjana,2020 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Sinar Baru Algensindo, Nana Syaodih Sukmadinata,2009 Landasan Psikologi Proses Pendidikan,Bandung:

Remaja Rosdakarya,

Niken Septantiningtiyas,dkk.2020 Penelitian Tindakan Kelas, Jawa Tengah:

Lakeisha,

Rusman,2016 Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru

Jakarta: Rajawali Pers,

Saifuddin Azwar,1996 Tes Prestasi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar,

Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Shodiq Abdullah,2000, Evaluasi Pembelajaran “ Konsep Dasar, Teori, dan Aplikasi” Syaiful Bahri Djamarah,2022 Psikologi Belajar Edisi 2.

Syaiful Sagala,2011, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alvabeta cv,

Tarjo.2019 Metode Peneltian .Yogyakarta: Budi Utama, Yatim Riyanto, 2012, Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.