PENGGUNAAN METODE INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X. 3 MAN 2 BREBES

M. Slamet Muharram

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penerapan metode pembelajaran inquiry learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi strategi dakwah Rasulullah SAW periode Mekah dan Madinah kelas X. 3 MAN 2 Brebes.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X.3 MAN 2 Brebes dengan jumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) Tes hasil belajar, 2) lembar observasi didik, 3) wawancara peserta didik, dan 4) catatan lapangan. Teknik analisis data terdiri dari analisis hasi belajar peserta didik dan keterampilan proses sains peserta didik.

Hasil penelitian dapat penerapan metode pembelajaran inquiry learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi strategi dakwah Rasulullah SAW periode Mekah dan Madinah kelas X. 3 MAN 2 Brebes. Terjadinya peningkatan hasil belajar dengan hasil rata-rata peserta didik mencapai 71% pada siklus 1 sedangkan padap siklus 2 terjadi peningkatan secara signifikan yaitu mencapai 89% dengan indeks gain mencapai 0,89 menunjukkan adanya peningkatan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi strategi dakwah Rasulullah SAW periode Mekah dan Madinah kelas X. 3 MAN 2 Brebes.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Ariman Darmawan, Hubungan Antara Aktifitas Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah atas Setia Dharma Pekanbaru. Jurnal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan NIM.11111102270.(Universitas

Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, 2018)

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hake, Richard. 2012. Analyzing Change/Gain Score. Diakses dari www.physic.indiana.edu/~sdi/Analyzing Change-Gain.pdf

Heru Kusmaryono dan Rokhis, (2019), Penerapan Inquiry Based Learning Untuk Mengetahui Respon Balajar Siswa Pada Materi Konsep dan Pengelolaan Koperasi, Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Vol.VIII, No. 2, Desember.135

M. Ngalim Purwanto, 1985, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remadja Karya) Cet. 2 Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa, Belajar & Pembelajaran, (Jogja Karta: Ar Ruzz

Media, 2011). Cet. 1.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan, (Bandung: Remaja Rosdakarya.

, Cet. 15.

Nandang, Rusmana. 2009. Bimbingan Dan Konseling Kelompok Di Sekolah. (Metode, Teknik

Dan Aplikasi). Bandung: Rizqi Press.

Nasution. 1995.Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Paizaluddin dan Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta. Roestiyah. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: rineka Cipta. 2010), Cet. 5.

Sugiyono. 2010. Metodel Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Perdana Media Group, 2008), Cet. 5.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Perdana Media Group, 2008), Cet. 5


Refbacks

  • There are currently no refbacks.