UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE SORT KARTU PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VII DI MTs. MIFTAHUL FALAH PUNCEL DUKUHSETI PATI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

SISDIHARYONO SISDIHARYONO

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui Apakah penerapan model card sort dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Subtansi dan Strategi Dakwah Rasulullah SAW di Mekkah pada siswa kelas
VII MTs.Miftahul Falah Puncel. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2022/2023 dimulai dari bulan Juli sampai akhir Agustus 2023.Model pembelajaran yang di lakukan adalah model card sort. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian evaluasi menggunakan model card sort pengumpulan data menggunakan Tes, Observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran secara berturut-turut sesuai perbandingan data hasil belajar dari Siklus I, dan Siklus II. Siklus I sebesar 56%, dan meningkat pada Siklus II sebesar 86%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan model pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs.Miftahul Falah Puncel Dukuhseti Pati


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad, Guru Dalam Proses BelajarMengajar, Bandung: SinarBaruAlgesindon, 1983.

Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Depdikbud, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Jakarta; Direktorat Pendidikan dasar dan Menengah. Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 1990.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Dimyati dan Mujiono,Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud. Rineka Cipta, 1994.

Djamarah, Bahri, Syaiful, Drs., dkk., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Djamarah, Bahri, Syaiful, Drs., dkk., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Hisyam Zaini, dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: PUSTAKA INSANI Madani, 2008

Imansjah Alipandie, Detaktik Metode Pendidikan Umum,Surabaya: Usaha Nasional, 1984.

Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: RaSAIL Media Group, 2008

Sujana, Nana, Dasar-daar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 2000. Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2007.

Usman, Uzer, M, Menjadi Guru Profesional. Edisi kedua. Cetakan ke empat belas, Bandung : PT Remaia Rosdakarya, 2002.

Uzer Usman, Moh. dan Setiawati, Lilis. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1993.

Winkel, WS, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia, 1997.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.