PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DECISION MAKING DI MI AL ISLAM KALIJOSO

Achmad Sofwan

Abstract


Penelitian ini berfokus pada penggunaan modelpembelajaran kooperatif tipe decision making" dalam mengajarkan materi Sejarah Kebudayaan Islam kepada peserta didik kelas V di MI Al Islam Kalijoso. Model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar peserta didik terhadap materi yang memerlukan hafalan dan pemahaman yang mendalam. Modelpembelajaran kooperatif tipe decision making" mendorong kerjasama dan keterlibatan aktif antara peserta didik dalam mengambil keputusan dalam memberi jawaban maupun dalam memberikan ide dalam berdiskusi kelompok yang sesuai dengan konsep yang diajarkan. Melalui penggunaan modelpembelajaran kooperatif tipe decision making", diharapkan bahwa peserta didik akan lebih termotivasi dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Model ini memfasilitasi pemahaman yang lebih baik melalui interaksi yang melibatkan peserta didik secara langsung, sehingga memungkinkan mereka untuk membangun koneksi yang lebih baik dengan materi yang dipelajari. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, terutama dalam konteks pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, yang sering kali dihadapkan pada tantangan hafalan dan daya ingat. Dengan berfokus pada metode pembelajaran yang interaktif seperti "pembelajaran kooperatif tipe decision making", penelitian ini mengusahakan cara yang lebih efektif untuk mengajarkan materi Sejarah Kebudayaan Islam kepada peserta didik. Diharapkan temuan dari penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan menyenangkan di lingkungan pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2008. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan. Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Malau,Susi Irawati 2020. Penerapan Model Kooperatif Tipe Decision Making Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Kelas XI Otkp Di SMK PAB 2

Helvetia. Undergraduate thesis , Universitas Negeri Medan

Maulidati, Indi Syifa. 2017 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Decison

Making Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPS. Universitas

Ganesha.

Dewi, Striani . 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Decision Making

Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas IV SD Inpres Tabbinjai

Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Makasar , Universitas

Muhammadiyah Makassar .

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Departemen Pendidikan. Nasional

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta

Etin Solihatin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran

IPS. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. 2011. Strtegi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta:

Rineka Cipta.

Nana Sudjana 2004, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru

Algesindo.

Oemar Hamalik. 2011. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung:

Tarsito.

Pasaribu, IL dan Simanjuntak. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito. Sardiman A.M 1988, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada, Edisi Revisi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.