MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT ARAB SEBELUM ISLAM DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL

Riyadi Riyadi

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan mengambil subjek Kelas III MI Miftahul Ulum Batu Agung. Pada hakikatnya proses belajar mengajar adalah proses komunikasidua arah yang saling melengkapi dan menyatu. Dalam komunikasi sering terjadi penyimpangan-penyimpangan, sehingga komunikasi tersebut kurang efektif dan efisien. Dalam proses belajar mengajar komunikasi yang seharusnya dua arah terkadang tidak terjadi atau terhambat sehingga menyebabkan peserta didik kurang maksimal dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Arab Sebelum Islam Menggunakan Media Audiovisual pada siswa Kelas III MI Miftahul Ulum Batu Agung Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua putaran (siklus). Setiap siklus dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran melalui media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam materi Mata Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Arab Sebelum Islam pada siswaKelas III MI Miftahul Ulum Batu Agung Tahun Pelajaran 2023/2024. Data ini dibuktikan bahwa pada pra siklus nilai yang tuntas 9 peserta didik (36 %), kemudian pada siklus I meningkat menjadi 13 peserta didik (52 %) , pada siklus II meningkat menjadi 22 peserta didik (88 %).


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Djamarah Syaifudin Bahri, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta. Haryoko, Sapto. Efektifitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi@Elektro, Volume 5, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.

Mufliha, Nursyifa (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Menggunakan MediaAudio-Visual (Study Pada Mts Negeri 03 Kota Tangerang), Jakarta : FITK UIN syarif Hidayatullah Jakarta

Pupuh Fathurrohman & Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT

Refika Aditama.

Yusuf, Irwandi ( ). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Rukun Iman Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 49 Kota Banda Aceh, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-raniry Banda Aceh

Saragih, Maria Maria Sepriyani, (2015) Penggunaan Media Audio Visual . Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Sudijono, Anas. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan . Jakarta: Rajawali Perss.

UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 20.

Wardani IG.A.K, dkk, (2020), Metode Penelitian . Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani IG.A.K, dkk, (2020), Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Widiasworo, Erwin, 2023, 101 kesalahan Guru dalam Pembelajaran, Yogyakarta, Araska.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.