PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MATA PELAJARAN SKI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO EDUKASI DI MIS AL-ITTIHAD SEMOWO 1

AVIF NURAVIFAH

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan mengambil subjek Kelas IV MI Al-Ittihad Semowo Pabelan Semarang sebanyak 20 orang, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pembelajaran mata pelajaran SKI pada materi Bukti-bukti Kerosullan Nabi Muhammad saw. Dengan menggunakan video edukasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Adapun instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data kognitif adalah tes obejektiv, ranah afektif dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan data psikomotor dikumpulkan melalui unjuk kerja dan produk. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari pretest sebesar 56% dengan rata-rata 66,4 meningkat pada siklus I sebesar 72% dengan rata-rata 75,07, dan meningkat pada siklus II sebesar 88% dengan rata-rata 86,13. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran menggunakan video edukasi dapat meningkatkan hasil belajar Pembelajaran mata pelajaran SKI pada Bukti-bukti Kerosullan Nabi Muhammad saw. pada Kelas IV MI Al-Ittihad Semowo Pabelan Semarang


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdkarya 2011).

Albi anggito,dkk. Metodelogi Penelitian Kualitatif. (Jawa Barat: Jejak,2018).

Anita Lie, Cooperative Learning, (Jakarta: Grasindo, 2004).

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar & Pembelajaran, (Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media, 2010).

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar & Pembelajaran.

Conny Semiawan, Perspektif Pendidikan Anak Berbakat, (Jakarta: Grasindo, 1997). Indah Komsiyah, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Teras, 2012).

Aqib, Zainal. Penelitian Tindakan Kelas untuk guru SD, SLB, dan TK, Bandung: CV

Yrama Widya, 2008.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran, Depok: Raja Grafindo Persada: 2015.

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik dan Prosedur, Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2017.

Arikunto, Suharsimi, dkk. Penelitian Tindakan kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2011. Ayufilanira, Tyas. Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

SKISiswa Kelas III Mi Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung,

Tulungagung, Skripsi, IAIN Tulungagung, Tulungagung, 2014.

Bahri, Saiful. Penerapan Metode Scrambel (Kata Acak) Untuk Menigkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran SKI MI Madrsatul Qur’aniyah Sandik Kec. Batu Layar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, FITK

UIN Maataram, Mataram, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.