PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS III MIN 1 KOTAWARINGIN TIMUR

Siti Norhayati

Abstract


Pembelajaran SKI di kelas III MIN 1 Kotawaringin Timur merupakan pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa. Siswa belum termotivasi dalam belajar sehingga hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media audio visual pada mata pelajaran SKI kelas III MIN 1 Kotawaringin Timur Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 104 siswa dengan sampel 38 orang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Aktivitas siswa pada saat penerapan media audio visual pada materi agama dan kepercayaan masyarakat Arab sebelum Islam adalah baik, yang mana pada siklus I dengan nilai persentase 77,27% meningkat pada siklus II dengan persentase sebesar 93,18% (2) Penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran SKI terutama pada materi agama dan kepercayaan masyarakat Arab sebelum Islam. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I nilai rata-rata 79,07 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 76,31% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,15 dengan kentuntasan secara klasikal sebesarr 94,73%.


Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2010. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA Dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI Implementasi Kurikulum 2013. Surabaya: Kencana Pernada Media Grup. ? Book

Gabriela, Novika Dian Pancasari. N.D. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik

Vol. 3 No. 2, Agustus 2023 | Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam Peran Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Era DigitalSekolah Dasar. Malang: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2 (1): 104-114. ? Journal

Hakim, Suyud Lukman. 2020. Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah. ?Book

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE. ? Book

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. ? Book

Setyawan, Dedi. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Surabaya: Jurnal Pendidikan SD Islam 1 (2): 3. ?Journal

Trianto. 2009. Paradigma Pembelajaran. Jakarta: Kencana. ? Book


Refbacks

  • There are currently no refbacks.