UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MEMBACA HURUF HIJIAYAH MENGGUNAKAN METODE DRILL KELAS 1 DI SDN 1 RAMBAN KOTAWARINGIN TIMUR

Zaini Mukhlis

Abstract


Materi huruf hijaiyah merupakan salah satu materi yang sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap kualitas bacaan Al-Quran. Dalam ajaran Islam, membaca Al-Quran merupakan salah satu ibadah yang mengandung keutamaan yang sangat besar. 

 Penyajian mata pelajaran PAI khususnya pada materi huruf hijaiyah yang disajikan secara konvensional ternyata hasil belajarnya sangat rendah.hal ini terjadi  khususnya pada kelas I SD Negeri I Selakambang. Penelitian tindakan kelas ini berusaha menemukan modifikasi dan inovasi pembelajaran PAI pada materi membaca huruf hijaiyah dengan metode drill. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli sampai September dengan subjek / sasaran penelitian siswa kelas I SDN 1 Ramban yang berjumlah 25 siswa. 

 Peneliti melakukan  tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, spengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi (1) tes, untuk megetahui apakah ada peningkatan kemampuan / hasil belajar siswa, (2) observasi, semua kegiatan proses pembelajaran  untuk mengetahui keaktifan siswa dan hasil tindakan, (3) wawancara untuk mngetahui pendapat siswa terhadap jalanya proses pembelajaran, (4) dokumentasi, proses menyediakan dokumen-dokumen dengan menggunakan bukti yang akurat. 

Dari analisa peneliti, diketahui bahwa prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas I SDN I Ramban mengalami peningkatan yang di tandai dengan hasil tes rata-rata siswa selama proses pembelajaran dari siklus I  ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini menunjukan bahwa prestasi belajar peserta didik dari tiap siklus juga mengalami  peningkatan. Nilai secara klasikal pada siklus I rata-rata 67,8 dengan taraf serap 58% pada siklus II meningkat yaitu perolehan nilai  rata-rata 74,04 dengan taraf serap 88%. Siswa mempunyai hasil belajar dengan kriteria baik..


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.