PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA SALAFIYAH BANTARSARI
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Subtansi dan Strategi Dakwah Rasulullah SAW.di Mekkah pada siswa kelas X.3 MA Salafiyah Bantarsari Cilacap. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2022/2023 dimulai dari bulan Juli sampai akhir Agustus 2023.Model pembelajaran yang di lakukan adalah model discovery Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian evaluasi menggunakan model discovery learning pengumpulan data menggunakan Tes, Observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran secara berturut-turut sesuai perbandingan data hasil belajar dari Siklus I, dan Siklus II. Siklus I sebesar 56%, dan meningkat pada Siklus II sebesar 86%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X 3 Madrasah Aliyah Salafiyah Bantarsari Cilacap
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Herlina, (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Melalui
Model Discovery Learning di Sekolah Menengah Atas.
Mukarromah,Iza (2019) Penerapan Model Discovery Learning dalam meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Nuril Jadid Paiton Probolinggo, Probolinggo.
Pratiwi,Dewi ( 2019 ) Skripsi yang berjudul UpayaMeningkatkan Hasil Belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran model Discovery learning pada mata pelajaran IPA SDN 66 Kota Bengkulu. Bengkulu.
Rosarina, Gina ( 2016) Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda, Sumedang: Program StudiPGSD Kelas UPI Kampus
Sudjana nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya.
Sudjono, Anas. 2012. Pengantar Statistik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Thabroni, Gamal ( 2021 )Model Pembelajaran Discovery Learning: Pembahasan
Lengkap.
Yuliana ,Nabila(2018).Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Salatiga: Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Kristen Satya Wacana Salatiga,
Refbacks
- There are currently no refbacks.