PENGGUNAAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII MTS NURUL HUDA BADONG SAYUNG DEMAK
Abstract
Penelitian metode Everyone is a Teacher Here merupakan metode yang mengajarkan peserta didik untuk menjadi guru bagi teman-temannya. Kegiatan pembelajaran tersebut meliputi pemberian materi, pembagian kertas kosong, pembuatan soal, pembagian kertas yang sudah di isi pertanyaan oleh masing-masing siswa, penyampaian argumen yang dilakukan oleh siswa. Metode Everyone is a Teacher Here lebih berpusat pada siswa sehingga siswa lebih terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Huda Badong Sidogemah Sayung Demak karena proses belajar mengajar yang masih kurang efektif di sebabkan peserta didik yang kurang berpartisipasi dan akhirnya berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode Everyone is a Teacher Here di kelas VII.Variabel yang menjadi sasaran perubahan pada penelitian ini adalah hasil belajar, sedangkan variabel tindakan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan/ tindakan, observasi/ pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/ pengamatan, dan tes. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa persentase hasil belajar pada siklus I sebesar 26,7%, kemudian pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 86,7%. Maka dari itu, hasil belajar siswa terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 60 %. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islamkelas VII MTs Nurul Huda Badong Sidogemah Sayung Demak Tahun Pelajaran 2023/ 2024.
Full Text:
PDFReferences
Astiafi. 2020. Visualisasi Dan Virtualisasi Pembelajaran Pendidikan agama Islam. Jakarta: Kencana.
Munirah. 2020. Petunjuk Al-Qur`an Tentang belajar dan Pembelajaran. Education and Learning Journal 1, no. 1 : 47 .hps ://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.43.
Ramadhan, Tasman. 2019. Penerapan Metode Everyone is a Teacher Here Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas XI MIA Di MAN 2 Parepare. Skripsi Sarjana : Jurusan Tarbiyah.
Iswati, Muslich Ansori & Sri. 2017 . Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya : AUP.
Mulyani. 2019. Efektivitas Metode Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam 1 no. 1 : 81-89.
Masykur, Hanif. 2015 .Eksistensi Dan Fungsi Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional1-89 hp://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/618/1/Hanif Masykur-11412004.pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.