PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII A MTsN 4 SRAGEN
Abstract
Pendidikan merupakan aspek penting dalam perkembangan individu dan masyarakat.Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar SKI melalui media Auiovisual pada siswa kelas VIII A MTsN 4 Sragen. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah mata pelajaran SKI, materi perkembangan masyarakat islam pada masa Daulah Abbasiyah dengan menerapkan media Audiovisual pada siswa kelas VIII A semester gasal MTsN 4 Sragen,dengan jumlah 32 siswa . Tempat penelitian perbaikan pembelajaran adalah MTsN 4 Sragen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah media AudioVisual . penelitian tindakan kelas dilakukan untuk membantu guru dalam memecahkan masalah yang ada di kelas. Dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing dari tiap siklus di lakukan 2 kali pertemuan. Instrumen yang dipakai peneliti adalah lembar pengamatan / observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil pelajaran SKI.Hasil penelitian yang dilakukan di MTsN 4 Sragen menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah kebudayaan islam dengan menggunakan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut maka siklus II di nyatakan berhasil. Dengan adanya peningkatan ketuntasan peserta didik dari siklus I dan siklus II , maka hepotesa yang mengatakan ‘’ Dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar SKI pada pokok bahasan-bahasan perkembangan masyarakat islam pada masa Daulah Abbasiyah siswa kelas VIIIA MTs Negeri 4 Sragen semester Gasal tahun 2023 /2024’’ terbukti kebenarannya.
Full Text:
PDFReferences
Arifin Zaenal. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya
Elizabeth B. Hurlock. (1990). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Carin. 1993. Penuntun Pengajaran SKI. Jakarta : Gramedia.
Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
Hasibuan, JJ. 1998, Proses Belajar Mengajar, Bandung : Remadja Karya,.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1998. Ejaan yang Disempurnakan. Jakarta : Balai Pustaka.
Kumasna F, E., 1985, Preses Belajar Mengajar : Azas Strategi dan Metode, Bandung : FIPS IKIP Bandung
Lungdren. 1994. Model Pembelajaran SKI. Jakarta : Gramedia.
Martinis Yamin. H. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta,
Penerbit Gaung Persada Press.
Nana Sidjana, 1991, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung:Sinar Baru. Nohei Nasution. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka.
Roy Hollands. 1983. Pendekatan dalam Pembelajaran SKI. Jakarta : Gramedia. Syaiful Bahri D, 2000, Guru dan Siswa Didik : Dalam Interaksi Edukatif, PT. Rineka Cipta,Bandung
W. Gulo, 2002, Strategi Belajar Mengajar, Grasindo, Jakarta Winkel. W.S (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Refbacks
- There are currently no refbacks.