PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING KELAS 5 MI AL IMAN SOBOREJO
Abstract
Perubahan kurikulum pada saat ini menuntut para pendidik untuk menjadikan peserta didik dapat berfikir kritis dan kreatif yang menjadikan penting untuk mengadakan evaluasi pembelajaran untuk mengetahui sampai sejauh mana ketercapaian pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Memperbaiki metode belajar serta kualitas pembelajaran siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan islam pada siswa kelas V MI Al Iman Soborejo. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi upaya Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah melalui model problem based learning pada MI Al Iman Soborejo Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK) dan Subyek penelitian ini adalah siswa di kelas V MI Al Iman Soborejo yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai, persentase ketuntasan belajar dan data observasi. Dilihat dari penelitian tindakan kelas siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar 60%, serta tingkat penguasaan materi 65 % dengan demikian ketuntasan belajar belum tercapai, sehingga perlu diadakan peningkatan penguasaan materi pada siklus berikutnya.Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) kemudian dilakukan refleksi terhadap pembelajaran tersebut. Pembelajaran pada siklus II telah menunjukkan kemajuan, siswa sudah tidak lagi merasa kebingungan dan mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Peningkatan prestasi pada siklus I 60 %, dan siklus II 100% Penerapan Model Problem Based learning dapat meningkatkan perhatian siswa dalam penguasaan materi.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S.,(2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Anindyta, P., & Suwardjo.(2012). Pengaruh problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan regulasi diri siswa kelas V. Jurnal Prima Eggen, P., & Kauchak, D. Strategi dan model pembelajaran:Mengajarkan konten dan keterampilan berpikir. Jakarta, Indonesia: Indeks.
Assegaf, A. & Sontani,).(2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.
U. T.
B Ariyani, F Kristin (2021) .Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan
hasil belajar IPS siswa SD Jurnal Imiah Pendidikan.
Iskandar, Dadang and - Narsim. (2015) PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN PUBLIKASINYA.
Ihya Media. ISBN 976-607-5753-02-1.
Mustaqim - Reslaj ( 2020 ) Pengaruh Kompetensi Dosen, Kurikulum Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa, Religion Education Social Laa Roiba.
PD Anggraini, SS Wulandari.(2021) Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa, Jurnal Pendidikan Administrasi.
Shiatava Rizema Putra.( 2013, h.84) Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sain, Cet.I; yogyakarta: Diva Pres,
S Muhibbin. ( 2007).- Learning Psychology Bandung: Remaja Rosdakarya,
T Djonomiarjo.( 2020) Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal,
Sutanto Leo.(2013 , hlm. 98.) Kiat Jitu Menulis Skripsi, Tesis, dan Disertasi, Jakarta: Erlangga
Hamidah. 2016. Filsafat Pembelajaran Bahasa Perspektif Strukturalisme dan Pragmatisme. Yogyakarta: Naila Pustaka. ?Book
Abdalla, Adil Elshiekh. 2018. “Al-Musykilât Al-Tsaqâfiyah Allatî Tujâbahu Muta’allimi Al-Lughah Al-‘Arabiyah Bi Washfihâ Lughah Tsâniyah Fî Bilâd Al-Malâyû.” Arabi : Journal of Arabic Studies 3 (2): 196. hps://doi.org/10.24865/ajas.v3i2.98. ?Journal
al-Najran. Usman Abdullah dan Jasem Ali Jasem. 2013. “Tahlil al-Akhtha’ al- Kitabiyah fi Ba’dh al-Zawahir al-Nahwiyyah fi Kitabat al-Thullab Ghair al- Nathiqina al-‘Arabiyyah” Prosiding Seminar International Bahasa Arab Khithab al-Tajdid fi al-Dirasat al-‘Arabiyyah Baina al-Nazariyah wa al-Tathbiq. Padang: UIN Imam Bonjol Padang ?Conference Proceeding.
Taufiqurrochman. 2015. "Busuu.com: Model Belajar Bahasa Arab Mandiri Berbasis Website”, Laporan Penelitian UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
?Report
Al-Khalidi, Khalid Yunus. 1999. al-Yahud fi ad-Daulah al-Islamiyyah fi al-Andalus, disertasi
pada Universitas Baghdad. ?Thesis
Busuu Developer. “Manfaat busuu Premium”, hps://www.busuu.com/id, 25 Mei
?Website
Refbacks
- There are currently no refbacks.