PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DI MA AL ANWAR

Muhammad Abil Fadlol

Abstract


Group investigation adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada kegiatan kelompok kecil dalam eksplorasi materi pelajaran secara aktif dan kolaboratif, dengan tujuan memperkuat pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini khususnya adalah untuk Meningkatkan hasil Prestasi belajar peserta didik melalui pembelajaran kooperatif model Group investigation pada mata pelajaran SKI yang masih di bawah KKM.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain siklus ganda, terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X A yang berjumlah 20 Pesrta didik.

siklus I belum mencapai kriteria keberhasilan ditetapkan 70, Rata-rata persentase indikator Prestasi hasil belajar Peserta didik pada siklus I sebesar 65 % hal ini belum mencapai batas KKM Sebesar 70 . Siklus II Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas X A di MA Al Anwar Sarang Rembang Mengalami Peningkatan Untuk mencapai ketuntasan dalam belajar dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70 dengan jumlah peserta didik yang tuntas 19 peserta didik dengan presentase 95 % , sedangkan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 1 peserta didik dengan presentase 5 %,

Group investigation secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam setiap siklus,.


Full Text:

PDF

References


Dimjayati dan Mudjiono, 2003,Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: rineka Cipta. Hartoto, Tri. 2016. metode peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model Group investigation terhadap mata pelajaran Sejarah. Jurnal HISTORIA

Volume 4, Nomor 2

Maesaroh model 2005 Group investigation untuk lebih jelasnya dapat dilihat

pada table berikut

Sutiyono, Ahmad Tabrani Agus Agus Khunaifi Dwi Istiyani. 2023. Modul

pelajaran sejarah kebudayaan Islam progam profesi Pendidik (ppg ) dalam

jabatan. Jakarta: Kemenag.

Sudarman, 2007 Group investigation: Suatu Model Pembelajaran Untuk

Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal

Pendidikan Inovatif,

Udin S. Winaputra, 2018), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar

Pendidikan,(Jakarta: Kemenag.RI,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.