MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ASMAUL HUSNA DENGAN METODE MAKE A MATCH DI SDN BUNTOI-1

Karceliwatie Karceliwatie

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran dikelas IV di SDN Buntoi-1, yaitu peserta didik kesulitan dalam memahami atau menguasai materi yang telah disampaikan guru, terutama pada materi asmaul husna yang berakibat pada hasil belajar yang di bawah KKTP 65. Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dengan metode make a match ( mencari pasangan) pada materi pokok tentang Asmaul husna di SDN Buntoi-1. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Reseacrh), yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi hasil belajar pada setiap akhir siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Buntoi-1 yang berjumlah 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh  skor rata-rata pada siklus I dengan nilai rata-rata hasil peserta didik sebesar 60,23 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 60 % dan nilai tersebut mnengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta diidik sebesar  83 dan presentase hasil belajar  sebesar 90%. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran mtode make a match dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV di SDN Buntoi-1.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Atisah. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Make A-Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Peserta Didik Sekolah Dasar.KHIDMAH: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.

Faozan, dkk. 2021. Buku Siswa PAI dan BP untuk Kelas 4 SD, Kemdikbud.

Kementerian dan Direktoral Jenderal Agama RI. 2022. Teori Belajar dan

Pembelajaran, Jakarta.

Hajriandi Yulizar. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Materi Asmaul

Husna dengan Metode Make A Match, GHIROH, Jurnal Ilmiah

Pendidikan Agama Islam, ISSN (E): 2962-4789.

Larumunde Alvinje & Akibun Suriyati. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Puasa Ramadhan Melalui Metode Make A Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Al-Muhtarif: Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Mustafa Bisri. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. Parama Ilmu.

Paizaludin, Ermalinda, 2013, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), Bandung: Alfabeta.

Prawira Purwa Atmaja. 2016. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta, Ar-Ruzz

Media

Purwanto,N. 2010. Prinsip-prinsip & Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung :

PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Ade.2022. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sulastri Sri. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengenal Malaikat Dan Tugas-Tugasnya Melalui Metode Make A Match Di Sd Negeri Sendang 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018, Janacitta : Journal of Primary and Children’s Education, e-ISSN: 2615-6598.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&B. Bandung. Alfabeta

Trobroni M., 2016. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta, Ar-Ruzz Media.

Yuli Suharyani. 2021. Cooperative learning Tipe Make A Match pada Pembelajaran IPS di Sd. Yogyakarta. Pustaka Agaliter

Wakhidin Agus. 2020, Perpaduan Model Pembelajaran Make a match dengan “ Quis-Quis Trade. Indramayu : CV.Adanu Abimata.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.