PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA ANIMASI BERBENTUK VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN KANAMIT JAYA 1

Leo Parulian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan media animasi berbentuk video. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek yang melakukan tindakan adalah Siswa kelas IV SDN Kanamit Jaya 1 Kecamatan maliku. Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, dan Tes. KKM di SDN Kanamit Jaya 1 adalah 70. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. penelitian ini menggunakan analisis hasil pengolahan data observasi, Analisis proses tindakan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, mengamati dan merefleksi, Analisis belajar tiap siklus.

Hasil penelitian ini menunjukkan Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media animasi berbentuk Video mampu meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Kanamit Jaya 1, Adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah dalam pembelajaran menggunakan media animasi berbentuk video, siklus I yaitu 50% yang mencapai KKM yang terdiri atas 5 siswa Pada pelaksanaan siklus II terjadi Peningkat menjadi 90% siswa yang mencapai KKM

Full Text:

PDF

References


Anuar, Muhardi (2021) Implementasi Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pai Materi Hormat Dan Patuh Kepada Orang Tua

Ana, n. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran.

Anonim. (2018). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Kementrian Pendidikan dan Kebudayan RI.

El Khuluqo, Ikhsan. (2017). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nila-Nilai Spiritualitas dam Proses Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Belajar.

Fadhli, Muhibuddin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 26.

Fajri, zaenol. (2019) Model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SD. Jurnal ika pgsd (ikatan alumni pgsd) unars

Muhamad, N. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.

Masrun S, Moh. 2016. Senang Belajar Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas IV. Jakarta:Erlangga.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:PT. Kharisma Putra Utama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Widodo. 2018. Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Jakarta:PT Raja Grafido Persada.

Yuliana, Nabila. JIPP Volume 2, (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.