UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Sahabudin Sahabudin

Abstract


Tujuan Peneltian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar  ( PAI) Pendidikan Agama Islam materi meniti hidup dengan kemulian dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelinitian Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X IPS 7 SMAN 1 Simpang Empat tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 22 siswa.

Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar PAI materi meniti hidup dengan kemulian dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Instrumen penelitian adalah test tulis, Analisis data menggunakan teknik Analisis  Deskriptif

Hasil penelitian ini menunjukan peningkatkan dari  hasil belajar PAI siswa dilihat dari  capaiannya  dengan menerapkan pembelajaran Model Pembelajaran Discovery Learning diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 70,00 dan ketuntasan belajar mencapai 68,18% atau ada 15 siswa dari 22 siswa sudah tuntas belajar.

Pada siklus I meningkat menjadi 77,73 dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 82,73. Pada siklus I meningkat, menjadi 79%  dan pada siklus II mengalami peningkatan  menjadi 86% sedangkan persentase peningkatan hasil belajar pada siklus I  79% meningkat pada siklus II menjadi 86%. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPS 7 PAI materi meniti hidup dengan kemulian dengan model pembelajaran discovery learning telah meningkat secara signifikan, sehingga layak untuk diterapkan di SMAN 1 Simpang Empat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.