PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERISTIWA FATHU MAKKAH PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD ISLAM NURUL IHSAN

Lisdawati Lisdawati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran PAI di SD Islam Nurul Ihsan Palangkaraya yang menunjukkan hasil belajar peserta didik pada materi Peristiwa Fathu Makkah masih relatif rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar atau tidak pada materi Peristiwa Fathu Makkah peserta didik kelas V di SD Islam Nurul Ihsan Palangkaraya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian  Tindakan Kelas (Classroom Action Reseacrh). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD Islam Nurul Ihsan Palangkaraya yang terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Fokus yang di teliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan belajar > 70. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik siklus I sebesar 70 dengan persentase ketuntasan klasikal 60% sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik siklus II sebesar 85 dengan persentase ketuntasan klasikal 90%. Dari data di atas dapat disimpulkan  bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Card Sort terbukti telah meningkatkan hasil belajar materi Peristiwa Fathu Makkah peserta didik kelas V di SD Islam Nurul Ihsan Palangkaraya

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar,2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Melvin L. Silberman, 2017. Buku Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Penerbit Nuansa Cendekia

Mu’alimin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Pasuruan : Gading Pustaka

Noor, A. (2022). Penerapan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Peserta Didik di SMKN 5 Palangka Raya. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, Vol. 2 Juli 2022, 857–871.

Purwanto, N. 2010. Prinsip-prinsip & Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Roheli. (2022). GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam Melalui Penerapan Metode Card Sort Learning Mampu Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, volume 2, nomor 9, 63–73. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau

Sanjaya, Ade. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Zaini, Hisyam, dkk, 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: PUSTAKA INSANI Madani


Refbacks

  • There are currently no refbacks.