PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AYAT SURAH AN-NAAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL DAN PRACTICE PADA PESERTA DIDIK UPT SDN 01 PANAMAS
Abstract
Metode guru dalam mengajar akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Guru harus bisa menentukan metode-metode yang cocok dan sesuai dengan materi yang di ajarkan. Agar peserta didik dapat belajar dengan baik ,maka metode mengajar harus diusahakan dengan tepat,efisien dan efektif. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan metode Drill Dan Practice.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian ini di lakukan di kelas II SDN 1 Panamas Tahun pelajaran 2023/2024. Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, dan Tes. KKM di SDN 1 panamas adalah 70. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis hasil pengolahan data observasi, Analisis proses tindakan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, mengamati dan merefleksi.
Hasil Penelitian ini bahwa : Upaya meningkatkan membaca huruf Hijaiyah melalui penggunaan media flash card untuk siswa kelas II di SDN 1 Panamas. Adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah dalam pembelajaran menggunakan Flash card siklus I yaitu 50% yang mencapai KKM yang terdiri atas 6 siswa Pada pelaksanaan siklus II terjadi Peningkat menjadi 80% siswa mencapai KKM ,dengan rincian 12 orangFull Text:
PDFReferences
Armai Arief, 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta : Ciputat Pers.
Pupuh Fathurrohman. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung, PT Refika Aditama.
Desy Anwar, 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, cet.1, Surabaya: Amelia.
Mahmud Yunus, 1990. Kamus Arab-Indonesia, cet.II , Jakarta: PT. Mahmud Yunus Wadzuhryah.
Rohendi Rohidi 1992 Jakarta: UI PRESS.
M. Arifin, 1996. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Roestiyah NK, 1991. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung
Suharsimi Arikunto, 1990. Manajemen Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.
Sugiyono, 2010 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto dkk, 2014. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zakiyah Daradjat, 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama, Jakarta: Bumi Aksara.
Wasty Soemanto. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Iriawan, N. 2006. Mengolah Data tatistik Dengan Mudah Menggunakan Minitab 14. Yogyakarta : Andi.
Roestiyah N.K, 1985. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Bina Aksara
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparno. 2007. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Refbacks
- There are currently no refbacks.