PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI DALAM KERAGAMAN MELALUI STRATEGI INFORMATION SEARCH
Abstract
Di SDN Pulang Pisau 4 terdapat beragam suku, agama dan Bahasa, hal ini jika tidak diarahkan dengan baik dapat menimbulkan konflik yang berakibat fatal pada persatuan dan kesatuan. Dalam penerapannya saling menghargai dalam keragaman beragama memiliki batasan yang perlu diketahui oleh peserta didik agar tidak salah dalam mengartikan menghargai teman yang berbeda agama, hal ini dikarenakan masih sering terdapat peserta didik yang beragama Islam namun ikut acara ritual agama lain dengan dalih menghormati temannya karena kegiatannya di rumah saja bukan di tempat ibadahnya seperti kebaktian. Dalam pembelajaran juga sering kali terlihat Sebagian peserta didik justru tidak bisa menghargai teman yang berbeda dengannya, terkadang mereka enggan untuk bergabung dengan kelompoknya jika terdapat teman yang dianggapnya berbeda dengannya seperti berbeda agama atau suku bahkan warna kulit. Selain itu pada materi Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman Sebagian besar nilai siswa di bawah KKTP, keterampilan menggali informasi dan mengkomunikasi juga masih rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Strategi Information Search pada materi indahnya saling menghargai dalam keragaman dan mengetahui hasil belajar peserta didik materi indahnya saling menghargai dalam keragaman melalui model pembelajaran Information Search. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan, wawancara dan dokumentasi, Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil aktivitas belajar peserta didik pada siklus 1 dan siklus 2 dengan teknik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Strategi Information Search terbukti dapat meningkatkan hasil belajar materi Indahnya Saling Menghormati. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar yang meningkat disetiap siklusnya yaitu pada prasiklus pencapaian KKTP prasiklus sebesar 48%, siklus 1 67%, dan siklus 2 sebesar100% dengan rata- rata hasil belajar sebesar 88Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Bustani , Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Surah Al Lahab dan Surah Al Kafirun Melalui Strategi Make A-Match (Mencari Pasangan) Kelas V SDN Batu Laki Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Sripsi, 2013
Suyono, Hariyanto, Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Konsep Dasar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011),
Hendi Burahman, Belajar Mandiri Strategi Pembelajaran LSQ (Learning Start With a Question) Dan IS (Information Search) di Sekolah
Zaini, Hisyam; Bermawy Munthe; Sekar Ayu Aryani, Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani 2008),
Zaini, Hisyam; Bermawy Munthe; Sekar Ayu Aryani, Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani 2008)
Fuad bin Abdul Aziz asy-Syalbub, Begini Seharusnya Menjadi Guru; Panduan Lengkap Metodolog Guru/pendidikan Cara Rasulullah, (Jakarta: Darul Haq, 2008),
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, ed. 1, cet. 5, (Jakarta: Kencana, 2008),
Mel Silbermen . 101 Cara Pelatihan Dan Pembelajaran Aktif. (Jakarta: Indeks).
Dia Hidayati Usman dan Amir Faishol Fath, Pembentukan Karakter Religius Perspektif Surat Al-Kafirun, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol. 14, No. 2, November 2020, hlm. 071-084 DOI: 10.32832/jpls.v14i2.3636, 2020.
https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/
M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya,
Muhaimin. Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo,2009.
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Sofani Amri, Pengembangan dan model pembelajaran dalam kurikulum 2013, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2013.
Sudirman dkk, Ilmu Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Refbacks
- There are currently no refbacks.