UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGHAFAL SURAT AL-FATIHAH MELALUI METODE DRILL PADA SISWA SD NEGERI TRISARI 1 KELAS 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui gambaran proses pembelajaran siswa sebelum penerapan metode Drill dan 2) Mengetahui penerapan metode Drill dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas I SD Negeri Trisari 1.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus penelitian. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD Negeri Trisari 1 yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Gambaran proses pembelajaran siswa sebelum penerapan metode Drill atau tes awal belum mencapai nilai ketuntasan KKM. Jumlah siswa yang mecapai ketuntasa 6 orang dan siswa yang tidak tuntas 8 orang dengan perolehan rata-rata yaitu 59. 2) penerapan metode Drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa terdiri dari dua siklus. pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 7 siswa dari 14 jumlah siswa dengan rata-rata 65 sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan sebanyak 11 siswa dari 14 siswa dengan perolehan rata-rata 84, penerapan metode Drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa apa yang di inginkan peneliti sudah tercapai sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dan tidak dilanjutkan lagi pada siklus berikutnyaFull Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu dan Supriyono Widodo. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Arief, Armai. 2001. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Arikunto, Suharsimi. Dkk., 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Djamarah, S.B dan Zain. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Iryawan, Anitah Sri dan Th Noorhadi., 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Study Kompetensi Guru. Bandung: PT. Rosda Karya.
Margono, S., 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Pasaribu, U dan Simanjuntak B., 1986. Didaktik dan Metodik. Bandung: Tarsito. Pupuh, Faturrohman & Sobry M. S. 2010. Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama Roestiyah, NK. 1985. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progesif. Jakarta: Kencana
Uno, Hamzah B dan Nurdin Muhammad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas: Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.