UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS 1 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE CARD SORT DI SDN PANGKOH SARI 2

Sri Mulyanti

Abstract


Permasalahan yang ada pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi Rukun Islam untuk siswa kelas I SDN Pangkoh Sari 2 yakni dapat dilihat dari rendahnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yang berakibat pada hasil belajar siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar yang telah di tetapkan. Hal yang demikian ini tentunya menjadi masalah jika dibiarkan saja sehingga perlu bagi guru untuk mencari jalan penyelesaiannya. Maka dari itu penulis merasa perlu mengadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu metode penelitaian yang dapat meningkat kektifan peserta didik yaitu menggunakan metode card sort.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui apakah metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 dalam materi rukun islam di SDN Pangkoh Sari-2. Adapun subjek pada penelitian ini adalah semua siswa kelas I yang berjumlah 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata- rata pada pra siklus sebesar 50 dengan persentase ketuntasan belajar peserta didik pada pra siklus adalah 30% dan rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 70 dengan persentase ketuntasan belajar peserta didik siklus I sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 86 dengan persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 90%. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa Dengan penerapan metode pembelajaran card sort terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 dalam materi Rukun Islam di SDN Pangkoh Sari-2.

Full Text:

PDF

References


Abi Anggito, Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak, 2018.

Adani, Anggun. 2011. Upaya Peningkatan hasil Belajar Biologis Menggunakan Strategi Pembelajaran card sort. skripsi

Daryanto dan Mulyo Rahardjo, Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta:Gava Media.,2012.

Deni Herdiyanto. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Jurnal Ilmu Pendidikan,2015.

Ghozaly, Faesal. Buku Siswa Kelas IV Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Hamalik, Oemar,2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2003 Hisyam Zaini, dkk, 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: PUSTAKA INSANI Madani

Kurniawati, 2016. Pengaruh Penggunaan Strategi Card Sort dengan Media Gambar terhadap Hasil BelajarIPS Kelas V SDN 1 Taruban Nogosari Tahun Ajaran 2015-2016

Melvin L. Silberman, 2002. Buku Active Learning 101 Cara Belajar Aktif

Maznah, Raden Ayu, 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Card Sort dalam Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas I.A Madrasah Ibtidaiyah (MI) Wathoniyah Palembang. Laporan PTK Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Palembang: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah.

Yusuf, Syamsu dan Nani M.Sugandhi, 2013. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta:Rajawali Pers.

Suharsimi Arikunto, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta Saur Tambolon, 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Erlangga, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.