UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN SURAH PENDEK MELALUI STRATEGI COMPLETE SENTENCE PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS II

Masjoni Irwansyah

Abstract


Dalam kegiatan pembelajaran terdapat permasalahan yang dapat menghambat proses pembelajaran. Permasalahan tersebut disebabkan beberapa hal seperti partisipasi dan keaktifan siswa, pembelajaran yang kurang menarik, dan masih berpusat kepada guru. Proses pembelajaran yang berkualitas melibatkan berbagai hal. Salah satunya adalah strategi pembelajaran yang diterapkan guru. Guru dituntut untuk mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.

Penelitian ini memfokuskan masalah pada (1) Bagaimana pelaksanaan strategi Complete Sentence dalam meningkatkan kemampuan menghafal dan menerjemahkan ayat-ayat al-Quran, dan (2) Apakah penerapan strategi Complete Sentence dapat meningkatkan kemampuan menghafal dan menerjemahkan ayat- ayat al-Quran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa kelas II SDN 1 Pulau Mambulau Kabupaten Kapuas.

Pendekatan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pada setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 1 Pulau Mambulau Kabupaten Kapuas yang berjumlah 12 siswa

Full Text:

PDF

References


Jihad, Asep dan Haris, Abdul. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo,2010

Uno, B.Hamzah. Model Pembelajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakart: Bumi Aksara, 2009

Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana, 2008

Dwiyanti Ni Made. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence Terhadap Hasil Belajar IPS. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa No.2 Tahun 2007 https://ejournal.undiksha.ac.id (Diakses 19 desember 2019)

Sinaga Balan Rosmanto. Peningkatan Ketrampilan Menulis Paragraf Deskriptif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Complete Sentence pada Siswa Kelas VII 1 SMP Swasta HKBP Pulu Brayan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, No.1 Tahun 2019 https://jurnal.uisu.ac.id (Diakses 19 desember 2019)

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama, 2009

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2016

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015 Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Suprijono, Agus. Cooperatif Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Jakarta Pustaka Pelajar, 2009

Lutfi, Ahmad. Pembelajaran AL-4 XL’Ln IJL~ 1X1~~ Jakarta : Kementerian Agama RI, 2012

Definisi Pendidikan Agama Islam, Standar Kompetensi Mapel PAI SD/MI dalam Kurikulum 2004

Basuki. Cara Mudah Melaksanakan PTK dalam Kegiatan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Felicha, 2010

Nawabuddin, Abdurrab. Teknik Menghafal Al-Quran. Bandung: Sinar Baru, 1991 Ash-Shidqy, Hasbi. Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Quran dan Tafsir. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra, 2002

Mohtarom, Ali dan Qomariyah, Wiwin. Implementasi metode Apel Dalam Menghafal Juz’amma Guna Meningkatkan Daya Ingat Santri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.