MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI KELAS V SD NEGERI PADURAN MULYA-1

Aman Aman

Abstract


Penelitian ini diangkat berdasarkan temuan dilapangan yaitu rendah hasil belajar siswa kelas V SDN Paduran mulya-1 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan peniliti ingin meningkatan hasil belajar siswa tersebut dengan membuat penelitian tindakan kelas (PTK. Dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning siswa kelas V SD Negeri Paduran Mulya-1 Tahun Pelajaran 2023/2024, hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Efektivitas model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Yang menjadi Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Paduran Mulya-1 Kecamatan Sebangau Kuala dengan jumlah 10 anak, sedangkan teknik dalam menganalisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar PAI siswa kelas V SD Negeri Paduran Mulya-1 Kecamatan Sebangau Kuala, terbukti nilai rata-rata kognitif siswa sebesar 60 dalam tahap siklus I, dengan rincian 6 peserta didik diatas KKTP.dan pada tahap siklus II dengan rincian dengan nilai rata 73,3, 7 peserta didik diatas KKTP.

Full Text:

PDF

References


Fajar Ilham Hakam dkk .2020, “Pengaruh Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI di SDIT Insantama Banjar”

Desiana, Ilma.2018 “Efektivitas model pemebelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar PAI kelas V SD Negeri wates 4 Kota Magelang”.

Taufik, Irfan. 2019 : “Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar”.

Kasmawati Kasmawati jurnal 2012 : Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadapa Hasiil Belajar”.

Khudori, M. 2014. “ Penerapan CTL pada Pelajaran PAI Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Marundda 01 Pagi jakarta Utara”.

El Khuluqo, Ikhsan. 2017. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nila-Nilai Spiritualitas dam Proses Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Belajar.

Fadhli, Muhibuddin. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 26.

Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:PT. Kharisma Putra Utama.

Suharsaputra, U. (2014). “ Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan ”. Yogyakarta : Gramedi

Widodo. 2018. Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Jakarta:PT Raja Grafido Persada.

Masrun S, Moh. 2016. Senang Belajar Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas IV. Jakarta:Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.