PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE THE LEARNING CELL KISAH HIJRAH RASULULLAH SAW KE MADINAH
Abstract
Penerapan metode The Learning Cell untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi menceritakan Hijrah Rasulullah Saw Kemadinah kelas IV semester I. Kajian ini dilatarbelakangi oleh prestasi siswa kelas IV SDN Sebangau Permai 2 yang kurang dari KKM. Studi ini untuk menjawab permasalahan “apakah melalui penerapan metode The Learning Cell pada mata pelajaran PAI materi menceritakan Hijrah Rasulullah Saw Kemadinah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN Sebangau Permai Kecamatan Sebangau Kuala Kabupaten Pulang Pisau?”Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Sebangau Permai 2 Kecamatan Sebangau Kuala Kabupaten Pulang Pisau.
Kajian ini menunjukkan bahwa penerapan metode The Learning Cell pada amata pelajaran PAI materi menceritakan Hijrah Rasulullah Saw Kemadinah dapat maningkatkan prestasi belajara siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata- rata nilai yang diperoleh dalam tiap tahap perbaikan. Pada perbaikan siklus I nilai rata-rata siswa 71,25 meningkat sebesar 11,64 dari rata- rata nilai sebelum perbaikan. Siswa yang mendapat Nilai diatas KKM juga bertambah menjadi 9 anak atau 56,75% dari yang semula hanya 2 anak atau 87,5%. Pada perbaikan siklus II rata-rata nilai tes formatif siswa 82,81 meningkat 11,56 dari siklus yang I. Siswa yang mendapat nilai diatas batas nilai yang ditentukan (KKM) sebanyak 11 anak atau 68,75%. Dari hasil penelitian tersebut memberikan kontribusi pada sistem pendidikan dalam memperbaiki prestasi belajar siswa.Full Text:
PDFReferences
Agus, S., 2019,hal 13, Cooperatife Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Remaja Rosda Karya.
Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur Kholidah.(2013, hal 7). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Cet ke-2. Bandung: PT. Refika Aditama
Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2014, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Poerdarminta W.J.S 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia, (edisi revisi 2010). Rineka Cipta., Jakarta, Fakultas Ilmu Sosial 2007
F Aziez, Ensiklopedia Pendidikan Lengkap (Jakarta: Adi Aksara Abadi Indonesia,2010, hlm. 197)
Zakiah Darajat, dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam (Jakata: Bumi Aksara, 2011, hlm. 197)
Yati Heryati, Media Pembelajaran (Jakarta Barat: Multi Kreasi Satu Delapan, 2010, hlm. 16)
Muhamad Irham Dan Novan Ardi Wiyani, Psikologi Pendidikan Teori Dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2019, hlm. 216-244)
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010,hlm. 20-25)
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/ 2019/07/18/ pendekatan- saintifikilmiah-dalam-proses-pembelajaran/, diakses 21 Oktober 2019. Aziez, F. Furqonul dan Abdul Hasim. Menganalisis Fiksi Sebuah Pengantar. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. (2010, hlm. 129)
Syaiful Bahri Djaramah, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif
(Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000, hlm. 191-193)
Arends, Richard. (2012). Learning to Teach. Tenth Edition. New York: McGrawHill Education, (New York, Mc Graw-Hill, 2007, Hal. 345)
Yahya, Imam Bin Syarifudin An-Nawawi, Al-Arba’in AnNawawiyyah, (Surabaya, Maktabah Muhammad Bin Ahmad Nabhan Wa-Auladah
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2010, hlm.130)
Refbacks
- There are currently no refbacks.