PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL BACAAN SALAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER
Abstract
Upaya peningkatan mutu pendidikan berakibat terhadap guru termasuk yang mengampu pelajaran pendidiikan agama islam dan budi pekerti disekolah. Perubahan-perubahan yang menjadi akibat pembaharuan kurikulum, penggunaan media pembelajaran baru, metoda belajar dan proses belajar mengajar baru yang disarankan dalam kurikulum itu memerlukan penyesuaian , baik dalam hal materi pengajaran, metode dan teknik mengajar, maupun sikap mengajaranya yang berbasis konstruktivisme dan behaviorisme.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran everyone is teacher yang dilakukan di awal setiap pelajaran Agama Islam dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas 7 di SMPN Satu Atap 1 Maliku menghafal bacaan dalam shalat wajib. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah model pembelajaran everyone is teacher yang dilakukan di setiap awal pelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas 7 di SMPN Satu Atap 1 Maliku dalam menghafal bacaan-bacaan dalam shalat wajib.
Penelitian ini menggunakan tindakan kelas sebanyak tiga putaran. Setiap putaan terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi.Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN Satu Atap 1 Maliku. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Penggunaan model pembelajaran everyone is teacher akan lebih hidup dan bermakna bagi siswa apabila dalam pelaksanaannya melibatkan siswa sebagai sentral dan guru hanya sebagai fasilitator.Hal ini terbukti dari data yang didapat ,dimana pada siklus I yang masih menempatkan guru sebagai sentral dan siswa hanya menirukan didapat peningkatan sebesar 19 % sedangkan pada siklus II dengan menjadikan siswa sebagai sentral dan guru hanya sebagai fasilitator didapat peningkatan yang lebih tinggi yaitu sebesar 52 %Full Text:
PDFReferences
Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 2017 .Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.
Zuhairini,1983,Metodik khusus Pendidikan Agama Islam, Surabaya : Usaha Nasional
Sulaiman Rasyid,2005,Fiqh Islam, Jakarta: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono, 2016 Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung Alfabeta
Hassan.A, 2021,Tarjamah Bulughul Maram,Bandung :CV.Diponegoro
Jexy J. Moleong,2000,Metodologi Penelitian Kualitatif,Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sudjana,Nana,1989.Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar.Bandung :Sinar Baru
Robbins, Stephen. 2009, Perilaku Organisasi, Jakarta : Salemba Empat
https://educatinalwithptkdotnet.wordpress.com/2015/02/18/metode-pembelajaran-aktif-model-every-one-is-teacher-here/
Refbacks
- There are currently no refbacks.