PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MODEL PEMBELAJARAN COOVERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI SURAH AL-MAUN SISWA KELAS V SDN MALIKU BARU 6
Abstract
Permasalahan yang terjadi di SDN Maliku Baru 6 adalah guru PAI masih sangat mendominasi kegiatan pembelajaran dengan terlalu banyak menggunakan metode ceramah, sehingga siswa menjadi pasif pada saat pembelajaran di kelas, menjadi malas dan mengantuk seerta memperoleh hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan hal tersebut peneliti berupaya menawarkan satu langkah strategis pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model yang efektif dan sejalan dengan kebutuhan siswa sekolah dasar, yaitu Model Cooperatif Learning tipe make a match. Dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi QS. Al-Maun menggunakan Model Cooperatif Learning tipe make a match.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Reserach). Dengan menggunakan Tipe Kurt Lewin yang dilaksanakan melalui empat tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Adapun subyek penelitian adalah siswa Kelas V SDN Maliku Baru 6 yang terdiri 10 orang siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : tes, observasi dan dokumen dan teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis dan refleksi pada setiap siklusnya.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat tiap siklusnya dimana pada siklus I ketuntasan belajar siswa hanya 7 siswa atau 70 % dengan rata-rata nilai 71. Kemudian pada siklus II bahwa pada siklus ini terdapat 9 siswa telah mencapai nilai diatas KKM dengan rata-rata nilai 80 dengan ketuntasan belajar mencapai 90%.Full Text:
PDFReferences
Alvinje Larumunde dan Suriyati Akibun, 2022, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Puasa Ramadhan Melalui Metode Make A Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Al-Muhtarif: Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Akmal Hawi, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013
Anita Lie, Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo, 2007
Kunandar. 2010. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013)Suatu Pendekatan Praksis Disertai dengan Contoh.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Imas Kurniasih & Berlin Sani, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Rineka Cipta, 2015
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007
Nila Kencana, Penerapan TipePembelajaran Cooperative Learning Tehnik Make a Match Dengan Bermain Peran Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKN Siswa Kelas Va SD Negeri 07 Kota Bengkulu, Bengkulu:Skripsi UNIB Bengkulu: 2014
Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono , Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D,Bandung : Alfabeta, 2010
Wardani I.G, AK.2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UniversitasTerbuka
Refbacks
- There are currently no refbacks.