PENERAPAN PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN TALIO MUARA-1

Wilda Hartati, Rio Irawan

Abstract


Penelitian ini berlangsung berdasarkan hasil observasi langsung mengenai rendahnya pencapaian akademis para siswa di kelas V SDN Talio Muara 1. Tujuan utamanya adalah meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus mencakup empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumen, dan tes/angket. Data yang terkumpul bersifat kualitatif, terutama mengamati aktivitas belajar siswa dalam tugas kelompok. Berdasarkan hasil dari dua siklus penelitian tindakan kelas dengan penerapan media pembelajaran "make a match," dapat disimpulkan bahwa di kelas V SDN Talio Muara 1, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, penelitian berjalan dengan lancar dan menghasilkan peningkatan prestasi belajar yang signifikan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, mencapai persentase hasil belajar siswa sebesar 90%.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2021). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Darmuki, A., Andayani, Joko N., Kundharu S. (2017). Coperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on IntellectualsGlobal Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.

Darmuki, A (2020) Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Ketrampilan Berbicara Menggunakan Mind Map

Haryati, T (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Model Belajar Sambil Bermain Bantuan Media Monopoli. Jurnal Penelitian Guru.Vol. 1, 1.e-jurnal.unsub.ac.id

Hartini. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol. 2 : 2. Garuda.kemdikbud.go.id

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hudoyo. (1990). Strategi Belajar Mengajar. Malang : IKIP Malang

Indriana, Dian. (2011). Ragam Alat Bantu Pengajaran .Jogjakarta : DIVA Press. Hal 13

Isjoni. (2011). Cooperative learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta

Misnawati. (2018). Penerapan Strategi Make a Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung

Musra, Fauziyah. (2020) : Strategi Pembalajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII 3 SMP Negeri 1 Pinrang

Prayitno, Mustofa Aji.(2022). Implementasi Metode Tutor Sebayasebagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X. Elektronic These Institut Agama Islam Ponorogo.etheis.iainponorogo.ac.id

Rasyad, Azhar. (2011) : Media Pembelajaran. Jskarta : PT Grafindo Persada

Riyanti, NN (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar. Vo. 6 : 4. E-jurnal.unesa.ac.id

Rosarina, Gina.(2016) Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Penelitian Guru. Vo. 2

Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Setiawan. (2004) : Jurnal Penerapan Model Pendidikan Kecakapan Hidup.

Setyawan, Hendy Purbo. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Two Stay Two Stray (TS TS) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII MTs YPMS Gendang Sumobito Jombang Tahun Pelajaran 2014/2015. Univdu Jombang.eprints.unipdu.ac.id

Suhemi, WB. Minati. H (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD Menggunakan Model Pitcure and Picture dan Media Gambar Seri. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 4 : 2. E-jurnal untirta.ac.id

Surya, YF. (2017).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jrnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1 : 1. https://doi.org/10 31004/cendekia.v:1.7

Taufiq, Agus. 2017 : Pendidikan Anak di SD. Unibersitas Terbuka : Jakarta

Usman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidkan Nasional, Departemen Pendidikan Nasional

Wati, SDE. (2021). Penerapan Metode Snwoball Throwing Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Riset dan Konseptual. Vol. 5 : 1. www.journal.unublitar.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.