OPTIMALISASI PENERAPAN METODE 3T+1M DALAM MENGHAFAL Q.S AL-ISRA/17: 32 DAN Q.S AN-NUR/24: 2 KELAS X-1
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Mentaya Hilir Utara dengan tujuan untuk mengetahui optimalisasi penerapan metode 3T+1M dalam menghafal Q.S Al-Isra/17: 32 dan Q.S An-Nur/24: 2. Subjek pada penelitian ini adalah guru PAIBP dan peserta didik kelas X-1. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Kurt Lewin dengan 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan dalam menghafal Al-Quran peserta didik kelas X-1 pada Q.S Al-Isra/17: 32 dan An-Nur/24: 2 dengan menggunakan metode 3T+1M, hal ini dapat dilihat dari hasil tes keterampilan pra siklus, yaitu 4%, siklus 1 menjadi 40% dan siklus 2 menjadi 100%. Dengan rincian pada pra siklus terdapat 1 orang yang mampu menuntaskan hasil tes sesuai KKM dari 25 orang, pada siklus 1 menjadi 10 orang dan pada siklus 2 menjadi 25 orang dengan rerata nilai pada pra siklus adalah 41,6, siklus 1 menjadi 66,52 dan siklus 2 menjadi 81,08. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Optimalisasi Penerapan Metode 3T+1M dalam Menghafal Q.S Al-Isra/17: 32 dan Q.S An-Nur/24: 2 kelas X-1 SMAN 1 Mentaya Hilir Utara bisa dibilang efektif.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik, Edisi Keenam, Jakarta: Rineka Cipta.
Mardalis. 2014. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Skripsi. Jakarta: Bumi Aksara.
Tohirin, 2013, Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Uno, Hamzah B. dkk. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Professional. Jakarta: Bumi Aksara.
Agung, Iskandar. 2018. Jam Mengajar Guru: Tinjauan dari Sisi Lain. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 32, No. 1.
Muchith, M. Saikan Muchith. 2016. Guru PAI Yang Profesional, Jurnal QUALITY Vol. 4, No. 2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.