PENERAPAN MODEL CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATERI QS. ANNISA AYAT 59

Erny Kurniati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi pada peserta didik kelas VII bahwa pada kelas ini mengalami kesulitan memahami bacaan Al-Qur’an, mereka masih kesulitan membaca sesuai makhraj dan kaidah tajwid. berdasarkan itu maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an surah An-nisa/4 :59 dengan penerapan strategi card sort. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan ( Action research) sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Kota Besi Tahun Pelajaran 2023/2024. Dengan jumlah peserta didik 32 orang, laki-laki 16 orang dan perempuan 16 orang. Adapun objek penelitian adalah penerapan Strategi card sort pada pembelajaran PAI QS. An- nisa/4: 59. Simpulan dari penelitian ini adalah strategi card sort dapat meningkatkan kemampuan membaca QS. An-nisa/4: 59 kelas VII SMPN 2 Kota Besi tahun pelajaran 2023/2024. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu, (60,83%), siklus II (88 %).


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek.

Jakarta : Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan kebudayaan. 1993. Tekhnik Penilaian Proses

Belajar Mengajar. Jakarta: Balai Pustaka

Hisyam Zaini, dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: CTSD, 2004), h.53

Melvin L.Silberman, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, (Bandung: Nusamedia, 2011), edisi revisi, h.169

Silberman, Melvin L. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madani


Refbacks

  • There are currently no refbacks.