IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS KELAS VII SMPN 1 PARENGGEAN

Fathur Rahman

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Parenggean dengan tujuan untuk meningkatkan berfikir kritis peserta didik kelas VII melalui Pembelajaran Problem Based Learning pada materi Rukhsah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Parenggean, Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik berjumlah 21 peserta didik, terdiri dari 11 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Berfikir Kritis peserta didik. Hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh peserta didik pada masing-masing siklus. Pada siklus I ke siklus II dalam kegiatan menyimak dari 68 %menjadi 88%, kegiatan Bertanya dari 65% menjadi 85%, kegiatan menjelaskan bukti sebelum mengambil tindakan dari 67% menjadi 88%, kegiatan menjelaskan hubungan sebab akibat dari 65% menjadi 77%, kegiatan menceritakan kembali tema dari 66% menjadi 76%, kegiatan menyampaikan pendapat, menanggapi dan menyimpulkan dari 75% menjadi 85%.

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS KELAS VII SMPN 1 PARENGGEAN


Full Text:

PDF

References


Hamadayama, Jumanta. (2016).Aktivitas berpikir kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. ( 2017 ). Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.Kelas XI.

Musaadah. ( 2020 ). Rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya. (2015). Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Pernadamedia:2016.

Shoimin. (2014).Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media

Trianto (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.