PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH KELAS V SDN SEI TUNGGUL

Ahmad Taufik

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan dengan temuan dilapangan yaitu masih banyaknya hasil belajar siswa kelas V SDN Sei Tunggul Kecamatan Kahayan Kuala. Ketidak berhasilan pembelajaran ini dapat dilihat dari penilaian hasil belajar siswa terutama pada materi zakat,infaq dan sedekah dari sebanyak 10 siswa kelas V di SDN Sei Tunggul, siswa yang mencapai nilai KKTP (70) sebanya hanya sedikit. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar beberapa siswa  masih belum optimal dan dibawah Kriteria Ketentuan Minimal (KKTP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Materi zakat, infaq dan sedekah dengan dilakukan penerapan Model Problem Based Learning menggunakan media yang lebih berpusat pada teknologi pada siswa kelas V di SDN Sei Tunggul.

Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di SDN Sei Tunggul Tahun Pelajaran 2023,   pada bulan Juli sampai Agustus 2023. Subyek yang melakukan tindakan adalah Siswa kelas V SDN Sei Tunggul Kecamatan Kahayan Kuala. Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, dan Tes. KKTP di SDN Sei Tunggul adalah 70. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis hasil pengolahan data Observasi, Tes, dan Analisis proses tindakan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, mengamati dan merefleksi, Analisis belajar tiap siklus.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas v SDN Sei Tunggul, terbukti nilai rata-rata siswa sebesar 72,6 dalam Siklus I dengan rincian 5 dari nilai siswa diatas KKTP. Pada tahap Siklus II dengan nilai rata-rata 81,1 dengan 9 dari 10 nilai siswa diatas KKTP.

Full Text:

PDF

References


Kamdi. 2007 : 77. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Winkel,W.S. Psikologi Pengajaran, 1991 : 36, Jakarta : Grasindo,

Hawi,Akmal. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014),

Baharuddin, Wahyuni. 2010. Teori belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2017 : 51 . Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontektual. Jakarta: Kencana,

Rifa’i, b. (2013). kontribusi pengelolaan laboratorium dan motivasi belajar siswa kebijakan dan manajemen publik, vol.1(no.1), h.132.

Rusman. (2010). model-model pembelajaran. jakarta: gravindo persada.

Dasa ismaimuza. (n.d.). pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan sikap siswa smp. jurnal pendidikan matematika, vol.4(no.1), h.2.

Siregar, purwanto dan seri. (2016). pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas x semester ii sma negeri 11 medan t.p 2014/2015. jurnal ikatan alumni fisika universitas negeri malang, vol.2(no.1), h.26.

Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, 2005, Bandung : Remaja Rosdakarya,

Himawan, Candra dan Suriana, Neti. Sedekah: Hidup Berkah Rezeki Melimpah, (Yogyakarta: Galangpress Publisher, 2013).

Suharsimi. 2014 : 3. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Ibid. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.