PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI IDEOLOGI PANCASILA

Syamukdin Syamukdin

Abstract


Kurangnya literasi terhadap nilai-nilai ideologi Pancasila menyebabkan pemahaman peserta didik rendah, hal ini dibuktikan dengan nilai peserta didik masih dibawah KKTP yakni 75. Model pembelajaran yang tepat mampu meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model cooperative leraning tipe number head together dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai ideologi Pancasila Peserta didik kelas V SDN 3 kota Besi Hilir. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik berjumlah 12 orang terdiri dari 6 laki-laki dan 6 perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis dekriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Number Head Together (NHT) di kelas V SDN 3 Kota Besi Hilir dapat meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai ideologi Pancasila.Hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh peserta didik pada masing-masing siklus. Pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata peserta didik 70,00 dengan ketuntasan hasil belajar kalsikal 66,66%, sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata peserta didik 78,33 dengan ketuntasan hasil belajar kalsikal 91,66%.


Full Text:

PDF

References


Agus, Suprijono. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM,

Yogyakarta:Pustaka Pelajar. ?Book

Hendri, Marhadi. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas Vd SDN 184 Pekanbaru”. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 3, (2):73-81. ?Journal

Imron, Ali. 2012. Supervisi pembelajaran Tingkat satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara. ?Book

Juariah. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Guna Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sd. Jurnal Sekolah, 1 (3): 53?Journal

Miftahul Huda. 2014. Mode-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. ?Book

M. Mahfud, dkk. (2012) “Kongres Pancasila IV: Strategi Pelembagaan Nilai-Nilai Pancasila dalam menegakkan Konstitusionalitas Indonesia,” Yogyakarta: PSP UGM. ?Conference Proceeding

Nur Kholis. 2017. “Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” Jurnal Iqra’ 2 (1) 69. http://dx.doi.org/10.25217/ji.v2i1.76.69-88. ?Journal

Suharsimi Arikunto. 2011. Penelitian Tindakan,Yogyakarta: Aditiya Media. ?Book

Suyono. 2016. Belajar dan Pembelajaran, Bandung; Rosda Karya. ?Book

Syamsu, S. 2015. Strategi Pembelajaran: Meningkatkan Kompetensi Guru, Makassar: Aksara Timur. ?Book

Ummu Aiman, 2018. Peningkatan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dan Prestasi Belajar PKn dengan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model Picture and Picture di MIN 2 Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3, (1):168?Journal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.