MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 KOTA BESI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Norhasanah Norhasanah

Abstract


Motivasi belajar siswa diidentifikasi sebagai salah satu permasalahan yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran STAD yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII A SMPN 5 Kota Besi pada materi materi sujud sahwi, sujud tilawah dan sujud syukur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar, observasi, wawancara, catatan refleksi, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melalui 2 siklus dimana tahapan dalam siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penerapan model STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII A SMPN 5 kota Besi. Pada siklus I motivasi belajar siswa sebesar 64% (kategori rendah) dan terjadi peningkatan menjadi 73% (Kategori sedang). Pembelajaran tipe STAD dengan tahap-tahapnya saja belum cukup untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan STAD yang dalam setiap sintaksnya ditambahkan tindakan tertentu. Tindakan tersebut meliputi penyajian materi menggunakan powerpoint dan dengan menambahkan link video youtobe,metode simulasi dengan memberikan pengarahan bagi kelompok yang mengalami kesulitan, mengingatkan siswa bahwa ada kuis di akhir pembelajaran, dan pemberian penghargaan berupa predikat (tim super, tim hebat, dan tim perintis) dan juga hadiah berupa alat tulis.

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 KOTA BESI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Emilia Dwi Rahayu & Ruri Nurul Aeni 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divison (STAD) terhadap Hasil Belajar serta Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 3 Tahun 2022 Hal. 4828 - 4838

Fathurrohman, P & Sutikno, S. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Rafika Aditama

Margaetha. 2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 4 No. 1 Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret

Muhammad Thobari dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Paryanto. 2020. Belajar Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(4), 577-585

Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Republik Indonesia, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. V. Jakarta: Sinar Grafika, 2013

Thorndike, E, L. 1991. The Measurment of Intelegence Madison University of Wisconsin (Online),


Refbacks

  • There are currently no refbacks.