PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TIPE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TELUK SAMPIT

Nur Ainah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Teluk Sampit dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning tipe inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model contextual teaching and learning tipe inquiry dapat meningkatkan hasil belajar kelas VIII di SMP Negeri 2 Teluk Sampit. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model inquiry dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Teluk Sampit pada materi Meneladani Semangat Literasi Dan Produktivitas Seni dan Bait Al-Hikmah Pada Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah (750-1258 M). Terlihat dari nilai yang diperoleh peserta didik pada masing-masing siklus. Pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata peserta didik 66 dengan ketuntasan hasil belajar klasikal 50%, sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata peserta didik 82,67 dengan ketuntasan hasil belajar klasikal 93.33%.


Full Text:

PDF

References


E.Mulyasa. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Dalam Era Revolusi Industri.

Rusman, A. (2020). Filsafat Pendidikan Islam Klasik.

Sanjaya, Wina. 2009. STRATEGI PEMBELAJARAN Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan.Alfabeta, Bandung.

Tursinawati. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pionir.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.