PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 KARANG TUNGGAL
Abstract
Proses pembelajaran, seringkali mengalami tantangan seperti sulitnya menarik minat siswa, rendahnya motivasi dan hasil belajar yang belum memuaskan. Dalam hal ini, guru perlu menggunakan metode yang menarik agar dapat menerapkan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan metode PBL dalam pembelajaran PAI siswa kelas IV di SDN 1 Karang Tunggal, 2) mengetahui hasil belajar siswa pada materi PAI di kelas IV sebelum penggunaan metode PBL, dan 3) mengetahui hasil belajar siswa pada materi PAI di kelas IV sesudah penggunaan metode PBL. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus (pra siklus, siklus I dan siklus II). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar yang dibuat oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan metode PBL dalam pembelajaran PAI di kelas IV SDN 1 Karang Tunggal telah memberikan dampak positif, meningkatkan pemahaman siswa dan menunjukkan tingkat ketuntasan belajar, 2) sebelum menerapkan metode PBL nilai rata-rata tes formatif siswa mencapai 48%, dan 3) setelah penerapan metode PBL, nilai rata-rata tes formatif siswa mencapai 85%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode PBL memberikan dampat yang positif dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi PAI.
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu, 5(5), 3814–3821.
Afif, N. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Perspektif Al-Qur’an. Karya Litera Indonesia.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361.
Astuti, T. P. (2019). Model problem based learning dengan mind mapping dalam pembelajaran IPA abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73.
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan model problem based learning pada pembelajaran materi sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35.
Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1).
Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kemampuan matematis anak di desa popo kabupaten manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221–225.
Kertati, I., Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., Rusmayadi, G., Nurhayati, K., Zebua, R. S. Y., Artawan, P., & Arwizet, K. (2023). MODEL & METODE PEMBELAJARAN INOVATIF ERA DIGITAL. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Mahendradhani, G. A. A. R. (2021). Problem-Based Learning di Masa Pandemi. Nilacakra.
Makur, A. P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian belajar mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12.
Putra, I. D. G. R. D. (2019). Peran kepuasan belajar dalam mengukur mutu pembelajaran dan hasil belajar. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 22–31.
Rahmat, E. (n.d.). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144–159.
Saputra, N. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Saraswati, N. F., & Djazari, M. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi Smk Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(2), 15–23.
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744.
Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136.
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress.
Zega, I. S., & Darmana, A. (n.d.). Implementasi Bahan Ajar Hidrolisis Garam Terintegrasi Nilai-Nilai Islami dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education), 1(2), 64–73.
Refbacks
- There are currently no refbacks.