MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII A MTs DARUL ULUM MEDALI
Abstract
Masih ditemukannya siswa kelas VII A MTs. Darul Ulum Medali pada tidak tuntas dalam pelaksanaan test sumatif sebelumnya yang disebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menjadi latar belakang penelitian ini. Adapun model pembelajaran yang memungkinkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran di kelas agar berlangsung lebih menarik dan tidak membosankan adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan Tindakan; 3) Observasi; dan 4) Refleksi. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Observasi Guru, Lembar Observasi Siswa, Lembar Observasi Perkembangan Aktivitas Siswa dan Lembar Tes Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini menghasilkan simpulan antara lain: 1. Aktivitas siswa sudah terlaksana dengan baik sehingga secara rata-rata mencapai kriteria sangat aktif, 2. Dari tes hasil belajar siswa dapat diperoleh nilai rata-rata melebihi nilai ketuntasan belajar yang ditetapkan pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa siswa Kelas VII A MTs. Darul Ulum Medali telah tuntas dalam mata pelajaran SKI.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. (2013). Pandangan Orangtua Terhadap Pendidikan Anaknya (Studi Kasus Pada Petani Yang diduga Kurang Memperhatikan Pendidikan Anaknya di Desa Jejangkit Pasar Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala) (IAIN Antasari). IAIN Antasari. Retrieved from http://idr.uin-antasari.ac.id/30/
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara,
Dasna, I wayan, Sutrisno, Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). dari http://lubisgrafura.wordpress.com. Diakses Tanggal 22 Juli 2023
Holil, Anwar. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dari http://anwarholil.blogspot.com/2009/01/model-pembelajaran - berdasarkan- masalah.html, diakses tanggal 23 Juli 2023
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta
Standar penilaian dan Buku pelajaran sosial SD, SMP, dari www.dikdasdki.go.id/download/standarbuku/ips.doc., diakses tanggal 22 Juli 2023
Sudjana, Nana.1995. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar . Bandung : Sinar Baru Algesindo
Sugiyono, Media Group. 2019. Metode Penelitian peandidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.