KEMAMPUAN MEMPRAKTIKKAN SHOLAT BERJAMAAH SISWA DENGAN METODE DEMONSTRASI

Siti Jamilah

Abstract


Dari tahun ke tahun permasalahan yang ada di dunia pendidikan formal senantiasa bertambah. permaslahan yang di hadapi adalah masalah lemahnya proses pembelajaran,sehingga sangat mempengaruhi hasil belajar siswa.dalam proses pembelajaran siswa kurang di dorong untuk melakukan praktek secara langsung

,materi shalat yang di dapat dari guru,siswa hanya mampu memahami materi hanya sebatas teori saja.dari permasalahan diatas peneliti tertarik untuk meneliti kemampuan shalat berjamaah siswa dengan metode demonstrasi

Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana kemampuan shalat berjamaah siswa dengan metode demonstrasi.dan bagaimana kemampuan siswa dalam melafazkan bacaan pada shalat berjamaah dengan metode demonstrasi.tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan sholat berjamaah siswa dengan metode demonstrasi.dan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam melafazkan bacaan pada sholat berjamaah dengan metode demonstrasi.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas.dan Teknik pengambilan data adalah dengan Observasi,metode Demonstrasi dan Dokumentasi

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan sholat fardlu siswa Kelas VII A pada Materi PAI.Pada tahap pra siklus nilai rata rata yang diperoleh siswa masih 57,9 dengan ketuntasan klasikal 32%,pada siklus I meningkat menjadi 67,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 63%.pada siklus II nilai rata rata lebih meningkat menjadi 76,3 dengan ketuntasan klasikal sebesar 89,47%


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.