PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VI MI DARUL HUDA
Abstract
Pembelajaran di sekolah adalah aktivitas yang terdapat dua subyek yaitu guru dan siswa. Tugas utama seorang guru adalah menciptakan pembelajaran efektif, efisien, kreatif, dinamis, menyenangkan. Guru MI Darul Huda kelas VI materi SKI menggunakan metode ceramah hasil asesmennya 40 % mencapai KKM dan 60 % belum. Tujuan penelitian untu mengetahui peningkatan hasil belajar, Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas VI MI Darul Huda. Penelitian ini melalua perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, refleksi. dilaksanakan dua siklus. Siklus I tanggal 2 Juli 2023 dan Siklus II tanggal 20 Juli 2023, pada siswa kelas VI sejumlah 20
Hasilnya: siklus I terdapat 19 siswa (73,1 %) mencapai ketuntasan dan 7 siswa (26,9 %) belum mencapai ketuntasan, daya serapa siswa mencapai 77,69 %. Siklus II meningkat 26 siswa (100 %) mencapai ketuntasan, daya serap siswa mencapai 83,9 %. Pengamatan pada siklus I 5 aspek (62.5%) memperoleh kriteria baik dan 3 aspek (37.5 %) memperoleh kriteria cukup. Siklus kedua meningkat 7 aspek (87.5 %) memperoleh kriteria baik dan 1 aspek (12,5 %) kriteria cukup. Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Di Kelas VI Mi Darul Huda”semester I Tahun Pelajaran 2023/2024.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. (2013). Pandangan Orangtua Terhadap Pendidikan Anaknya (Studi Kasus Pada Petani Yang diduga Kurang Memperhatikan Pendidikan Anaknya di Desa Jejangkit Pasar Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala) (IAIN Antasari). IAIN Antasari. Retrieved from http://idr.uin-antasari.ac.id/30/
Azhar Arsyad. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Radja Grafindo Persada.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Dirjen Pendidikan tinggi Depdikbud.
Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Ahmad, Rohani dan Abu Ahmadi. 2005. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Azhar Arsyad. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Radja Grafindo Persada.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Dirjen Pendidikan tinggi Depdikbud.
Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Ibrahim, Muslimin, dkk.. 2000. Pembelajaran Kooperatif, Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah Program pasca Sarjana UNESA University Press.
Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Soekamto dan Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Metode-Metode Pembelajaran. Jakarta direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen pendidikan dan Kebudayaan
Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya
Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Winddiharto.2004. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Gema Pena.
Winkel,W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo
Refbacks
- There are currently no refbacks.