PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VI MI DARUL HUDA

Muhammad Khoirul Anam, Abdullah Abdullah

Abstract


Pembelajaran  di  sekolah  adalah  aktivitas  yang terdapat dua subyek yaitu guru dan siswa. Tugas utama seorang guru adalah menciptakan pembelajaran efektif, efisien, kreatif, dinamis, menyenangkan. Guru MI  Darul Huda kelas VI  materi SKI menggunakan metode ceramah hasil asesmennya  40 % mencapai KKM dan 60 % belum. Tujuan penelitian untu mengetahui peningkatan hasil belajar, Melalui Model Pembelajaran      Discovery Learning Di Kelas VI MI Darul Huda. Penelitian ini melalua perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, refleksi. dilaksanakan  dua siklus. Siklus I tanggal  2  Juli 2023 dan Siklus II tanggal  20 Juli 2023, pada siswa  kelas VI sejumlah 20

Hasilnya: siklus I  terdapat 19 siswa (73,1 %) mencapai ketuntasan  dan 7  siswa  (26,9 %)  belum mencapai ketuntasan, daya   serapa siswa mencapai 77,69 %. Siklus II meningkat 26 siswa (100 %) mencapai ketuntasan, daya serap siswa mencapai 83,9 %. Pengamatan pada siklus I 5 aspek (62.5%) memperoleh kriteria baik dan 3 aspek (37.5 %) memperoleh kriteria cukup. Siklus kedua meningkat  7 aspek (87.5 %) memperoleh kriteria baik dan 1 aspek (12,5 %) kriteria cukup. Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning  dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Di Kelas VI Mi Darul Huda”semester I  Tahun Pelajaran 2023/2024.


Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2013). Pandangan Orangtua Terhadap Pendidikan Anaknya (Studi Kasus Pada Petani Yang diduga Kurang Memperhatikan Pendidikan Anaknya di Desa Jejangkit Pasar Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala) (IAIN Antasari). IAIN Antasari. Retrieved from http://idr.uin-antasari.ac.id/30/

Azhar Arsyad. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Radja Grafindo Persada.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Dirjen Pendidikan tinggi Depdikbud.

Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ahmad, Rohani dan Abu Ahmadi. 2005. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Azhar Arsyad. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Radja Grafindo Persada.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Dirjen Pendidikan tinggi Depdikbud.

Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Ibrahim, Muslimin, dkk.. 2000. Pembelajaran Kooperatif, Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah Program pasca Sarjana UNESA University Press.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Soekamto dan Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Metode-Metode Pembelajaran. Jakarta direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen pendidikan dan Kebudayaan

Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Winddiharto.2004. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Gema Pena.

Winkel,W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.