PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI MTs. ANNIHAYAH LOMBOK TENGAH

Mohammad Tanwir, Abdullah Abdullah

Abstract


Abdullah2

1Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

2Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

E-mail: tanwirmohammad2@gmail.com, abdullah@iain-palangkaraya.ac.id

 

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk menguji apakah penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi kondisi masyarakat Arab pra Islam. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Annihayah sebanyak 12 orang. Sebagai objek penelitian ialah pelaksanaan penerapan model pembelajaran inquiri untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VII dalam belajar SKI pada materi kondisi masyarakat Arab pra Islam.

Hasil penelitian menunjukkan perkembangan minat dan hasil belajar siswa pada materi kondisi masyarakat Arab pra Islam mengalami peningkatan. Tingkat minat dan hasil belajar siswa pada materi kondisi masyarakat Arab pra Islam di kelas VII MTs. Annihayah sebelum tindakan adalah rendah. Yakni minat belajar siswa 50% dan hasil belajar siswa hanya mencapai 50%. Adapun Tingkat minat belajar siswa sesudah tindakan dilakukan pada siklus 1 sebanyak 60% atau 6 indikator mencapai tingkat keberhasilan Tinggi dan pada siklus 2 sebanyak 80% atau 8 indikator mencapai tingkat keberhasilan Tinggi. Tingkat hasil belajar siswa pada materi kondisi masyarakat Arab pra Islam setelah tindakan dilakukan pada siklus 1 terdapat 7 orang siswa atau 60% dari 12 orang siswa mendapatkan nilai di atas KKTP dan pada siklus 2 terdapat 10 orang siswa atau 85% dari 12 orang siswa memperoleh nilai di atas KKTP. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka model pembelajaran inquiri, terbukti dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa MTs. Annihayah pada materi kondisi masyarakat Arab pra Islam bidang studi SKI.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani dan Abu Ahmad. 1990. Pengelolaan Pengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anas Sudijono. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ayunita Alfiani. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri terhadap Minat Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Makassar. Makassar: UNM-JSPF. jilid 17. no. 3

Azhar Arsyad. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Hamalik. 2009. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hisyam Zaini, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD IAIN Suka. cet., ke 6

Joni Reka, T. 1998. Penelitian Tindakan Kelas: Beberapa Persmasalahannya. Jakarta: PCP-PGSM. Dirjen Dikti.

Lexy J. Moleong. 2000. Metode Penelitian Kwalitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhlis A. 2001. Penelitian Tindakan Kelas, Konsep Dasar dan Langkah-Langkahnya. Surabaya: UNESA.

Muslim Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitiy Press.

Nana Sunjana dan Ahmad Rivai. 1997. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ngalim Purwanto. 1991. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Reneka Cipta.

Slavin E. Robert. 1995. Cooperative Learnig. New York: Botton.

Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

..................................... 1999. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reneka Cipta.

Suwarsih Madya. 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Jakarta: AlfaBeta.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media.

…………….. 2008. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

…………….. 2008. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. cet., ke-5


Refbacks

  • There are currently no refbacks.