PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SKI MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X DI MA NW NABI’ NUBU’ KEKAIT
Abstract
Dengan pembelajaran model Discovery Learning semua siswa dapat berpartisipasi aktif dalam kelompoknya dan berlomba-lomba untuk menjadi kelompok yang terbaik, sehingga pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar mereka dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini dilaksanakan di MA NW Nabi’ Nubu’ Kekait dengan objek 18 orang siswa yang terdiri dari 8 siswa pria dan 10 siswa perempuan. Prosedur yang dilakukan dalam setiap siklus adalah perencanaan, pengamatan, tindakan, dan refleksi.Penelitian tindakan kelas ini telah selesai dilaksanakan pada Siklus I dan Siklus II . Dan pada siklus I dengan hasil belajar siswa sudah mencapai 88% dengan nilai rata-rata mencapai 81,9 predikat baik. Dan sudah mencapai indikator keberhasilan KKM yaitu 75. Tinggal 12% yang belum mencapai indikator keberhasilan. Selanjutnya pada siklus II ini sudah mengalami peningkatan yang memuaskan yakni 94% dari 18 jumlah siswa/i sudah mencapai indikator keberhasilan dengan nilai rata-rata siswa 90,8 artinya bahwa semua siswa/i di Madrasah mencapai ketuntasan minimal. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi “Kebudayaan Masyarakat Mekah Sebelum Islam Sebagai Inspirasi Berbuat Positif Seperti Menepati Janji,Menghormati Tamu Dan Teguh Pendirian” Pada Madrasah
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Gultom, F., & Siburian, J. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Resitasi di Kelas X SMA Negeri 1 Tiga Binanga. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2 (2), 111-119.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2018. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Sanjaya, Wina. 2018. Penelitian Tindakan Kelas: Jenis, Proses, dan Manfaatnya Bagi Pengembangan Praktik Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suparno, P. 2018. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.
Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.