PEMANFAATAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VI DI MIN 1 PULANG PISAU

Ahmadi Ahmadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar mapel Fikih materi Makanan Halal dan Makanan Haram kelas VI MIN 1 Pulang Pisau semester ganjil pada tahun pelajaran 2023/2024, dengan Pemanfaatan media pembelajaran “Power Point” Jenis penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada dua siklus untuk melihat proses belajar dan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran materi Makanan Halal dan Makanan Haram melalui Pemanfaatan mesia pembelajaran “Power Point”

Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI MIN 1 Pulang Pisau, berjumlah 20 anak. Tehnik pengumpulan data dalam PTK ini terdiri dari tes dan observasi. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan tes dan observasi dari pelaksanaan setiap siklus. PTK dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan tehnik presentase untuk melihat proses belajar dan peningkatan hasil belajar.

Hasil penelitian dapat disimpulkan dengan media pembelajaran “Power Point” proses pembelajaran menjadi lebih aktif, optimal dan hasil belajar meningkat. Dari kondisi awal ketuntasan dalam mengerjakan dan menjawab soal mapel Fikih pada materi Makanan Halal dan Makanan Haram pada pra siklus hanya 35 % yang tuntas, kemudian pada pada akhir siklus 1 ketuntasan meningkat menjadi 70 %, dan pada akhir siklus 2 hasil belajar meningkat menjadi 95 %,. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pemanfaatan media pembelajaran “Power Point,” dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fikih.


Full Text:

PDF

References


Azhar, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power point pada sistem Koordinat Kartesius. Aceh: Akademi Komunitas Negeri Pidie Jaya.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Arikunto, suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Purwanti, dkk. (2020). Analisis Penggunaan Media Power point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal of Biology Education Vol 3 No 2 (2020). E-ISSN 2656-3436/ P-ISSN 2615-3947

Dimyati dan Mudjiono. (2013) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta. Djamarah, S.B. dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka

Cipta

Daryanto. (2007). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.