PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN FIKIH PADA MAN

Astuty Astuty

Abstract


Keberhasilan sebuah pembelajaran dapat di pengaruhi oleh beberapa hal salah satunya adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, hal ini sebagimana yang terjadi di MAN Kapuas yang mana nilai rata-rata mata pelajaran Fikih masih rendah, dimana persentase ketuntasan siswa hanya 40 % dan yang belum tuntas 60 %. Untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu metode yang paling cocok di gunakan adalah metode discovery learning, maka penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran melalui metode discovery learning 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran discovery learning dalam menerapkan konsep Fikih Materi Jinayah (pembunuhan) pada peserta didik kelas XI IPA 4 di MAN Kapuas Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam 2 siklus, peserta didik kelas XI IPA 4 dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 6 orang laki laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan penilaian project. Teknik analisis data dengan deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Pelaksanaan metode pembelajaran discovery learning dilakukan dengan dua siklus, dilakukan perbaikan pada kegiatan menggali informasi yang menggunakan variasi yang beragam untuk menambah referensi peserta didik dalam mendalami materi serta memupuk keaktifan dan kerja sama tim supaya hasil yang didapat memuaskan. 2) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode discovery learning pada pra siklus siswa yang dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 40 %, pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 60 %, atau meningkat 20% dari pra siklus. Selanjutnya pada siklus II dengan persentase sebesar 95% atau ketuntasan siswa meningkat sebesar 35%.


Full Text:

PDF

References


Endah Setiyati. 2013. Peningkatan Kemampuan Membuat Rpp Dan Menerapkan Pembelajaran Dengan Pendekatan Tematik Melalui Pembinaan Akademik Lewat Pemberdayaan Kkg Bagi Guru Sd. Jurnal Manajemen Pendidikan 8(1):7080.

Hasibuan, Irwitadia. 2015. Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII Smp Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang 4(1):511.

Khasinah, Siti. 2021. DISCOVERY LEARNING : DEFINISI , SINTAKSIS , KEUNGGULAN PENDAHULUAN Discovery Learning Adalah Satu Di Antara Beberapa Model Pembelajaran Yang Direkomendasikan Dalam Kurikulum Yang Merujuk Pada Permendikbud No . 103 Tahun 2014 . Rekomendasi Ini Diberikan Te. MUDARRISUNA 11:40213.

Magdalena, Ina, Nur Fajriyati Islami, Eva Alanda Rasid, and Nadia Tasya Diasty. 2020. Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains 2(1):13239.

Pendidikan, Dosen, Agama Islam, Ftk Iain Raden, and Intan Lampung. 2015. Tujuan Pendidikan Islam Imam SyafeI. Jurnal Pendidikan Islam 6(November ):15166.

Wicaksono, Anggit Grahito. 2022. Potensi Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Basicedu 6(1):13981407. doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2229.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.