PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VI MIN 6 MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2023 / 2024

Lilik Nur Hidayati

Abstract


Pendidikan merupakan aspek penting dalam perkembangan individu dan masyarakat. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar Fiqih melalui metode Group Investigation Pada Siswa Kelas VI MIN 6 Magetan. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah mata pelajaran Fiqih, materi makanan halal dan haram dengan menerapkan metode Group Investigation pada siswa Kelas VI Semester Ganjil MIN 6 Magetan, dengan jumlah 20 siswa. Tempat penelitian perbaikan pembelajaran adalah di MIN 6 Magetan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Group Investigation. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan untuk membantu guru dalam memecahkan masalah yang ada di kelas. Dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing dari tiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Instrumen yang di pakai peneliti adalah lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil pelajaran fiqih. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode Group Investigation memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih materi makanan halal dan haram pada Siswa Kelas VI MIN 6 Magetan. Hal ini dapat dilihat pada Siklus I sebanyak 60%. Sedangkan pada Siklus II sebanyak 90%. Jadi, setelah diadakan Siklus II hasil belajar siswa meningkat sebesar 30%.


Full Text:

PDF

References


Mariyani, Fatmawati. (2015). Metode Pembelajaran Group Investigation.

Murofik, A. (2012). Penerapan Strategi Pembelajaran Group Investigation dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XC di

SMAN 1 Pleret Bantul. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Sabri, Ahmad. (2010). Strategi Belajar Mengajar Micro Theaching, Ciputat:

Quantum Theaching.

SK Dirjen Pendis Nomor 3211 Tahun 2022 Tentang Capaian Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. hps://www.hanapibani.com/2022/06/sk-dirjen-pendis-no-3211-tahun 2022.html

Ardithayasa, I. W., & Yudiana, K. (2020). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 163–173. hps://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25105

LUBIS, Sakban.(2023) Makanan Halal Dan Makanan Haram Dalam Perspektif Fiqih Islam. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 12-30, july 2022. ISSN 2774-3373.

hps://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4244> Dhea Satria, Ahmad (2021), Makanan Halal Perspektif Majlis Ulama Indonesia

(MUI), Jurnal Studi Islam, Vol.22, No. 2, Desember 2021: 308-313308. Sabri, Ahmad. (2010). Strategi Belajar Mengajar Micro Theaching, Ciputat:

Quantum Theaching.

Muhammad Uzer Ustman. (1993). Upaya Optimamlisasi Kegiatan Belajar

Mengajar, Bandung,:Remaja Rosydakarya.

Tohirin. (2005). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Bumi

Aksara.

Nurita, Tenni. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa” Myskat.

Sanjaya, Wina. (2006). Srategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan

Jakarta: Prenada Media.

Muhaimin, Ahmad.(2019). Pengaruh Kualitas Pembelajaran Fikih Dan Intensitas

Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Tayu Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2018/2019. , UNISNU Jepara.

Huda, Miftahul. (2014). Metode-metode Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.