PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MI WALISONGO AMBOKEMBANG 01


Abstract


PTK ini membahas penerapan media audio visual di MI Walisongo Ambokembang 01 pada siswa siswi kelas satu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih. Hal ini dikarenakan pembelajaran dilakukan secara monoton. Mata pelajaran Fikih itu sangatlah penting karena fikih adalah Fikih adalah yurisprudensi Islam. Fikih dimaknai sebagai pemahaman manusia mengenai praktik-praktik ibadah berdasarkan Syariat, yang disebutkan dalam al-Qur'an dan Sunnah. Fikih menjadi peletak dasar syariat melalui interpretasi al-Qur'an dan Sunnah oleh para ulama dan diimplementasikan menjadi sebuah fatwa ulama

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan perencanaan guru dalam pembelajaran Fikih melalui penerapan media audio visual di kelas I MI Walisongo Ambokembanng 01 Kedungwuni Pekalongan. (2) Mendiskripsikan hasil belajar siswa kelas I MI Walisongo Ambokembang 01 mata pelajaran Fikih penerapan media audio visual.. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I Semester I MI Walisongo Ambokembang 01 Kedungwuni Pekalongan yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran, terlihat dari peningkatan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media ini telah mengalami peningkatan dari pra siklus diperoleh nilai Rata rata 64 dengan presentasi ketuntasan 36% meningkat di siklus I diperoleh nilai rata rata 72 dengan presentase ketuntasan 68% meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata rata 85 dengan presentase ketuntasan 96%. Dari data - data tersebut maka penelitian ini menunjukkan bahwa media audio visual pada mata pelajaran Fikih berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MI Walisongo Ambokembang 01 Kedungwuni Pekalongan.


Full Text:

PDF

References


Team Didaktik Metodik Kurikulum IKIP Surabaya, Metodik Kurikulum Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Grafindo Persada, 1995) .

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2009)

Mimin Haryati, Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta:

Gaung Persada Press, 2007)

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002)

Nana Sujana dan Ahmad Rifai, Teknologi Pengajaran, (Bandung: SInar Baru Offset,

Syaiful Bahri Djamarah, Azwan Zaian, Strategi Belajar Mengajarm, (Jakarta: Rhineka

Cipta, 2002)

Ahmad Tafsir, Metode Khusus Pendidikan Agama Islam, (Bandung, PT. Remaja Rosda

Karya, 1992)

Nana Sujana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar , (Bandung, PT Remaja Rosda

Karya, 2010)

Agustina, IQ, Prestasi Belajar, dan EQ, (Jurnal Provitae), Vol. 2, No. 2, November 2006, Gulo, W., 2002, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Grasindo).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.