PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS V MI NURUL JIHAD SANA LAOK.


Abstract


Proses Pembelajaran Di Dalam Kelas Hanya Fokus Kepada Kemampuan Anak Untuk Menghafal Informasi; Otak Anak Dipaksa Untuk Mengingat Dan Menimbun Berbagai Informasi, Dan Anak Dituntut Untuk Memahami Informasi Yang Diingatnya Itu Untuk Menghubungkannya Dengan Kehidupan Nyata. Sedangkan Guru Kurang Mengoptimalkan Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Rendahnya Motifasi Belajar Siswa MI Nurul Jihad. Disebabkan Karena Aspek Sekolah Kurangnya Sarana Dan Prasarana Yang Memadai Seperti Ketidakadaan Media , Aspek Guru, Kurangnya Kemampuan Guru Dalam Pengembangan Iptek Aspek Siswa, Kurangnya Minat Belajar Siswa. Dari Latar Belakang Tersebut Diperlukan Penelitan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas V MI Nurul Jihad. Bentuk Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Dimana Objek Peneliti Hanya Berpusat Pada Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Problem Based LearningLearning, Adapun Dalam Metode Pengumpulan Data Menggunakan Metode Tes, Observasi, Dan Dokumentasi. Analisis Data Menggunakan Analisis Kualitatif Dimana Penulis Menggambarkan Gejala-Gejala Yang Terjadi Pada Objek Penelitian Partisipasi siswa Kelas V MI Nurul Jihad dalam kegiatan belajar mengajar Fiqih. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada kondisi awal. Hasil belajar siswa pada kondisi awal tidak dengan penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah 15 terdapat 10 siswa atau 66,7 % yang tuntas dan yang tidak tuntas ada 5 Siswa atau 33,3% yang tidak tuntas, dengan nilai rata-rata sebesar 65,33. Data dapat dilihat pada tabel 3 dibawah ini. Partisipasi siswa Kelas V MI Nurul Jihad dalam kegiatan belajar mengajar Fiqih . Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada siklus I. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan penerapan model pembelajaran menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah siswa 15 orang, terdapat 12 siswa atau 80,0% yang tuntas dan yang tidak tuntas ada 3 Siswa atau 20% yang tidak tuntas dengan nilai rerata sebesar 75,0. Data dapat dilihat pada tabel 3 dibawah ini.


Full Text:

PDF

References


Sudjana, 1992. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Slameto, 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Pt

Rineka Cipta.

Mulyono. A. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Pt Rineka Cipta.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya, 1986

Sanjaya, Wina. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup. 2010

----------- C. Ridwan. (Problem Based Learning. (Hp://Ridwan13.Wordpress.Com. 2009.)

Ali Mustofa, Hanun Asrohah. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Surabaya: Kopertais Iv Prees , Jl. Ahmad Yani No. 117 Surabaya

Akh. Muzakki, Kholilah. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Surabaya: Kopertais Iv Prees , Jl. Ahmad Yani No. 117 Surabaya

Hafsah,Ma. 2016. Pembelajaran Fiqh.Bandung: Citapustaka Media Perintis Mansir Firman Dan Purnomo Halim. Journal Of Islamic Education Studies.

Volume V, Nomor 2, November 2020; P-Issn: 2541-2051; Online -Issn: 2541-3961 Available Online At Hp://Ejournal.Uniramalang.Ac.Id/Index.Php/Alwijdan

Sofyan, Herminarto Dkk,. 2017. Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Uny Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.