UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DI MTS RAUDLATUL ULUM

Mustofa Mustofa

Abstract


Hasil belajar siswa kelas VIII MTs Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati pada mata pelajaran Fikih masih kurang memuaskan. Hal itu dibuktikan dengan prosentase siswa yang bisa melampaui Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya 45%. Sementara pembelajaran bisa disebut berhasil apabila 80% siswa bisa mencapai KKM. Oleh karena itu, penting untuk melakukan evaluasi guna mengetahui tingkat ketercapaian hasil belajar siswa dari pembelajaran yang telah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII MTs Raudlatul Ulum. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen tes tertulis. Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah subjek penelitian berhasil mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal Fikih, yaitu 75. Dari hasil penelitian dapat diketahui, bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Raudlatul Ulum pada mata pelajaran Fikih materi Ketentuan Sujud Sahwi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pada hasil belajar siswa. Pada pra siklus, hanya 45% siswa yang berhasil mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal.Kemudian pada siklus I mengalami peningkatan 25%, dengan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 70%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan 20% sehingga hasil belajar siswa yang mencapai KKM menjadi 90%.


Full Text:

PDF

References


Ningrum, Dian Kusuma, dkk. Model Pembelajaran Koopertif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Dengan teknik Firing Line Disertai Media Kartu Dalam Pembelajaran IPA (Fisika) Di SMP, FKIP Uneversitas Jember, 2015

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung, 2015

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2/Permenag/ Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah

Prasetya, Hendrawan Rizza. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Permainan Duel Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Indonesia Siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, 2017

Pujiono, Setyawan, Desain Penelitian Tindakan Kelas Dan Teknik Pengembangan Kajian Pustaka, Universitas Negeri Yogyakarta, 2008

Purwati, dkk, Implementasi Teams Games Tournament Berbasis Percobaan Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik, Unnes, Semarang, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.