PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN FIQIH DI MI KALIMATULLAH SEMARANG
Abstract
Belajar pada hakikatnya adalah suatu proses interaksi terhadap situasi yang ada disekitar individu. Berjalan dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman. Belajar meruipakan kegiatan yang dilakukan oleh tiap individu dalam proses pendidikan secara keseluruhan untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang akan tampak dari pengetahuan, ketrampilan dan perilakunya. Hasil belajar merupakan hasil pembelajaran tiap individu dalam interaksinya secara aktif dan positif dengan lingkungannya. Penelitian ini dibuat berdasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa pada materi fikih kelas IV MI Kalimatullah Semarang. Sehingga peneliti melakukan penelitian tindakan kelas ini. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode discovery laearning pada kelas IV materi pelajaran fikih. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu action research (penelitian tindakan) yang mana peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai awal dilakukanpenelitian sampai penelitian selesai. Tempat penelitian di MI Kalimatullah Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes/soal. Teknik analisis data yang dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan metode discovery learning dalam pembelajaran guru memberikan evaluasi berupa soal/tes tertulis pada setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari tingkat kenaikan nilai rata-rata kelas dan prosentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh mulai dari pra siklus dengan nilai rata-rata 65 dengan prosentase ketuntasan hasil belajar sebesar 53%. Mengalami kenaikan di siklus I dengan nilai rata—rata 72,4 dan prosentase ketuntasan hasil belajar sebesar 73%. Selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 82,5 dan prosentase ketuntasan hasil belajar sebesar 86,6%.
Full Text:
PDFReferences
S. Suparlan, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Critical Incidentp pada Mata Pelajaran Fikih di Sekolah Dasar,” As-Sabiqun, vol. 3, no. 2, hal. 186–201, 2021, doi: 10.36088/assabiqun.v3i2.144
Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar Micro Theaching, (Ciputat: Quantum Theaching, 2010), 128
Sanjaya, Wina, Srategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan (Jakarta: Prenada Media, 2006), 195
Sumantri Moh Syarifi, Strategi Pembelajaran (kota Depok: PT Raja grafindo, 2015), 2. Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar,(Bandung: PT
Refika Aditama, 2010),
Sanjaya, Wina, Srategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan
(Jakarta: Prenada Media, 2011), 112
Rusman, Model-Model pembelajaran (Jakarta: PT Rajagrafindo, 2014), 1.Nurita, Tenni, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” Myskat, vol: 03 no: 01 (2018)
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2015 Hamdayana, Jumanta, Metode Pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia
Indonesia, 2014
SK Dirjen Pendis Nomor 3211 Tahun 2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. https://www.hanapibani.com/2022/06/sk-dirjen-pendis-no-3211-tahun 2022.html
Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2008.
Huda, Miftahul. Metode-metode Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka
Belajar, 2014
Hanapiah, Nanang dan Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Raja
Aditama, 2009.
Yasin, Fatah A. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press. 2008,
h.131.
Refbacks
- There are currently no refbacks.