PENERAPAN METODE INFORMATION SEARCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ZAKAT FITRAH KELAS V MI FAJAR ISLAM KECAMATAN BASARANG

Setiawati Setiawati

Abstract


Pembelajaran Information Search merupakan stragtegi aktif yang dapat di gunakan dalam pembelajaran Fiqih.Peningkatan minat peserta didik dapat di lihat dari keberhasilan pembelajaran dalam proses pembelajaran.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fiqih melalui metode information search pada peserta didik kelas V MI Fajar Islam kecamatan Barasarng.Subjek penelitian ini sebanyak 24 orang peserta didik pada Semester Ganjil Tahun 2023/2024.Pelaksanaan ini di laksnakan selama dua kali pertemuan melalui dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan,pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi.Model pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes.Sedangkan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriftif,Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus I dangan rata-rata adalah 68,75 dan pada siklus II meningkat menjadi 81,45 dan peningkatan keteuntasan peserta didik pada siklus I adalah 75 % dan pada siklus II adalah 95,83 %.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode information search dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih pada peserta didik kelas V MI Fajar Islam Kecamatan Basarang.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Iif Khoiru, dkk, 2011, Pembelajaran Akselerasi, Jakarta: Prestasi Pustaka Annur, Saipul, 2008, Profesionalitas Guru Agama Islam: Wacana PengembanganGuru, dalam Jurnal Ta’dib, Vol. XIII. No. 1, Juni 2008

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2002, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:Rosdakarya

Fathurrohaman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, 2010, Srategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung: Refika Aditama

Khon, Abdul Majid, 2005, Pendidikan dalam Perspektif Sunah Nabi Saw (Suatu Kajian Hadits Tematik dalam Sunah Ibn Majah dan Musnad Ahmad, dalam Jurnal Pendidikan Islam, Vol. VIII No. 1, 2005

Kunandar, 2010, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya Muhaimin, 1994, Dimensi-dimensi Studi Islam, Surabaya: Karya Abditama.

Purwanto, N. 1988. Prinsip-prinsip dan Teknis Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Qaan, Manna Khalil, 1987, Mabahist fi ulum al-Qur’an, diterjemahkan oleh Muzdakkir dalam “Studi Ilmu-Ilmu Al Qur’an”, Jakarta: Litera Antar Nusa.

Riadi, Muchlisin, 2013, “Pembelajaran Aktif”, dalam hp://www.kajianpustaka.com, diakses pada 30 Juli 2018.

Shalih, Subhi, 1995, Membahas Ilmu-Ilmu Hadits (terj), Jakarta: Pustaka Firdaus. Shiddieqy, M. Hasbi Ash, 1991, Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits, Jakarta:

BulanBintang.

Shomad, M. Idris A., 2005, “Al-Qur’an Sebagai Wahyu Ilahi “ Dalam Jurnal Kajian

Islam Al-Insan, Nomor I Vol. I, Januari 2005.

Sudjana, N., 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: SinarBaru

Algasindo.

Suharsimi, Arikunto, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara Suparman, 2005, Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta: Hikayat Publishing Thoifuri, 2007, Menjadi Guru Inisiator, Semarang: Rasail Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.