PENERAPAN MODEL BELAJAR EXPLICIT INTRUKTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI RUKUN ISLAM DI KELAS I MI SYIARUL ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran Explicit Instruction. 2) peningkatan hasil belajar Fikih materi rukun islam setelah diterapkan explicit instruction siswa kelas I MI Syiarul Islam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis datanya juga menggunakan strategi kuantitatif sederhana yang bertujuan untuk menggambarkan persentase peningkatan hasil belajar Fikih materi rukun islam siswa kelas I MI Syiarul Islam. Pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini, yakni. 1) observasi. 2) Dokumentasi. 3) Tes. 4) wawancara. Hasil kesimpulan dari penelitian ini yakni: 1) Penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas I MI Syiarul islam. 2) Pelaksanaan pembelajaran Fikih di kelas I MI Syirul Islam yang di laksanakan pada realitanya kurang memuaskan. Penerapan Model pembelajaran Explicit Instuction terhadap mata pelajaran ini dapat diterima dengan positif dari siswa yang selalu meningkat secara signifikan. Analisa data yang digunakan adalah dengan merefleksi hasil observasi dan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan dan diolah menjadi kalimat yang bermakna dan dianalisis. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan data kuantitatif dari kondisi awal, siklus I, dan Siklus II. Pembelajaran selangkah demi selangkah terhadap aktivitas belajar siswa ternyata dapat meningkatkan hasil belajar Fikih . Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bekerjasama dengan menyusun kolase. Metode ini mendapat respon dari siswa sehingga siswa lebih aktif dan termotivasi dan aktif dari sebelumnya, setelah melaksankan 2 siklus, yaitu nilai ketuntasan pada siklus I 65%. kemudian nilai ketuntasan lebih meningkat pada siklus II menjadi 100%.
Full Text:
PDFReferences
Agung, A. A. Gede. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan (Suatu Pengantar). Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Ameliasari T. Kesuma. Menyusun PTK Itu Gampang. Ciracas. Penerbit Esensi Erlangga Group
Djaman Satori. 2014. Metodelogi penelitian Kualitatif. Bandung. Penerbit Alfabeta. Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas. Dimayanti dan Mudjino, 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka
Cipta.
Hamalik, Oemar. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Jos. Daniel Parera, 1993. Keterampilan bertanya dan menjelaskan. Jakarta: penerbit erlangga
Miftahul Huda, 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nurulwati. 2000. Model Pembelajaran. Bandung. Penerbit: Algesindo Rusman Model-Model Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Penerbit Indonesia
Sutirman.2015. Model-model Pembelajaran. Jogyakarta : penerbit Graha ilmu.
Suharsimi Arikunto dkk,.2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Penerbit Bumi Aksara
Sutratinah Tirtonegoro. 2011. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional
Trianto, M.pd 2009.Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta. Penerbit kencana
Zainal Aqib. Model-Model dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung. Penerbit Yrama Widya
Refbacks
- There are currently no refbacks.