PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE CART SORT SISWA KELAS I MATA PELAJARAN FIKIH DI MI SABILUL KHOIROT MALANG
Abstract
Abstract
Pendidikan merupakan bagian integral dalam kehidupan manusia. Tujuan utama pendidikan adalah meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar mencerminkan sejauh mana siswa telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Penelitian ini dibuat berdasarkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi Fikih dikelas I MIS Sabilul Khoirot Malang. Sehingga peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode card sort pada siswa kelas I mata pelajaran fikih. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu action research (penelitian tindakan) dimana peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai awal dilakukan sampai penelitian selesai. Tempat penelitian di MIS Sabilul Khoirot Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes/soal. Teknik analisis data yang dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan metode card sort dalam pembelajaran guru memberikan evaluasi berupa soal/tes tertulis pada setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian dapat dilihat dari kenaikan nilai rata-rata kelas dan prosentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh mulai dari pra siklus dengan nilai rata-rata 64 dengan prosentase ketuntasan hasil belajar sebesar 50%. Mengalami kenaikan di siklus I dengan nilai rata—rata 75,3 dan prosentase ketuntasan hasil belajar sebesar 75%. Selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,6 dan prosentase ketuntasan hasil belajar sebesar 93,75%.
Full Text:
PDFReferences
Surawan, S., Bilad, C. Z. E., Syabrina, M., & Azmy, A. (2022). Implementasi pendidikan karakter di Madrasah dan Sekolah Islam Terpadu.
Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar Micro Theaching, (Ciputat: Quantum Theaching, 2010), 128
Fraydika, Odik, Implementasi Metode Card Sort Pada Pembelajaran fikih di MAN 3 Pasaman Barat, (Jurnal Pendidikan agama Islam, 2021), 3
Arikunto dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Parnawi, A. (2020). Penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Deepublish.
Refbacks
- There are currently no refbacks.